Sosial

Sukses Berdayakan Petani, BPP Semadam Lolos Ke Sabang

Sukses Berdayakan Petani, BPP Semadam Lolos Ke Sabang
Kepala Badan Penyuluhan Kabupaten Aceh Tenggara Fahkri SP,MM

ACEHTERKINI.COM |  Badan Peyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Simpang Semadam akan megikuti Lomba Asah Terampil Petani Aceh (LAT-PA) untuk tingkat Provinsi Aceh yang diselengarakan di Sabang pada Tanggal 27-28 Mei 2015.

Wakil Bupati Aceh Tenggara (Agara) Ali Basrah, Senin (4/5/2015) lomba asah terampil merupakan kegiatan rutin BP4K. Mata pencaharian masyarakat Aceh Tenggara umumnya bersumber pada sektor pertanian, perikanan dan kehutanan.

Lebih lanjut Wakil Bupati mengatakan, dalam mengelola sumber daya alam peran kelompok tani sangat menentukan kesuksesan para petani dibawah naungan kelompok tani tersebut. Kelompok tani merupakan wadah kelas belajar, wadah unit produksi dan wadah kerjasama dalam membangun pertanian yang berkelanjutan.

Lomba Asah Terampil Petani Aceh (LAT-PA)  ini merupakan bagian dari program Pemerintah melalui BP4K untuk memberdayakan kelompok Tani di Kabupaten Agara. “Sangat diharapkan dengan adanya kegiatan ini, kelompok tani akan mengalami perubahan pola pikir dari pola tradisional menjadi pola pikir berteknologi,” ujar Ali Basrah.        

Kata Ali Basrah lagi, Pemerintah Agara berharap kepada kelompok tani dapat berperan aktif mensosialisasikan kepada semua petani agar pada saat panen raya jangan langsung menjualnya, namun sebagai hasil panen dapat disimpan sebagai cadangan pangan.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluh Pertanian Aceh Tenggara, Fakhri mengharapkan agar kegiatan ini dapat memberikan memotivasi petani untuk meningkatkan kegiatan usaha tani, dan mampu mengolah lahan secara propesional. [Dinni]

To Top