Layanan Publik

Sekolah Pedalaman di Aceh Utara Tidak Siap UN Online

Sekolah Pedalaman di Aceh Utara Tidak Siap UN Online
Ilustrasi

ACEHTERKINI.COM | Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merintis Ujian Nasional (UN) berbasis komputer (Computer Based Test/CBT) untuk SMP-SMA mulai tahun ini. Namun, tidak semua sekolah yang siap dengan sistem UN tersebut, apalagi disekolah-sekolah pedalaman.

Hal itu terungkap setelah acehterkini.com mengkonfirmasi kesiapan sekolah-sekolah dalam melaksanakan UN berbasis komputer. Seperti sekolah-sekolah di pedalaman Aceh Utara, baik tingkat SMP, SMA/sederajat menyatakan mereka tidak punya kesiapan untuk menuruti UN berbasis komputer tersebut.

Meski sistem ini memberikan gambaran masa depan pendidikan di Indonesia yang melibatkan teknologi digital, namun menurut sejumlah kepala sekolah, penerapan UN seperti itu cukup memberatkan sekolah khususnya dibagian sekolah pedalaman.

“Kami rasa UN digital berbasis komputer tidak layak diterapkan di Aceh Utara, apalagi di wilayah-wilayah pedalaman. Karena banyak sekali alasan kami untuk tidak setuju dengan program itu,” kata Jafaruddin, kepala SMP 4 Citra Bangsa, Kecamatan Tanoh Jambo Aye, Aceh Utara, Rabu (06/05/2015).

Hal yang sama juga diungkapkan kepala-kepala sekolah lain. “Perkara UN Online ini sepertinya sungguh memberatkan siswa. Terutama fasilitas Komputer, tingkat kecerdasan siswa dalam mengelola komputer. Kalau UN dengan kertas, kalau salah bisa diperbaiki. Kalau Online susah,” kata Hasbi, kepala SMP Negeri 1 Pantonlabu yang diakui sejumlah kepala SMA lainnya.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Disdikpora Aceh Utara, Azhari mengatakan, pihaknya mengakui kesulitan dalam penerapan sistem tersebut. Namun, apabila Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tetap menerapkan Ujian Nasional (UN) berbasis komputer (Computer Based Test/CBT) untuk SMP-SMA, maka sekolah-sekolah juga terpaksa harus mengikuti program tersebut. [Jamal]

To Top