Layanan Publik

SDN Rukahan di Aceh Tenggara Tak Layak Pakai

SDN Rukahan di Aceh Tenggara Tak Layak Pakai
Kondisi SDN Rukahan, [Dinni]

ACEHTERKINI.COM |  Sekolah Dasar Negeri Rukahan yang terletak di Desa Rukahan Kecamatan Deleng Perkhison sangat memprihatinkan. Kondisi bagunan gedung yang sudah tua tidak memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Plafon bangunan juga banyak bolong. Mobiler sekolah juga sangat memprihatinkan.

Kepala Sekolah SD Negeri Rukahan, Bakti mengakui telah berulang kali mengajukan permohonan kepada Dinas Pendidikan dan Olah Raga (Dikpora) Aceh Tenggara agar bangunan SDN Rukahan di rehab dan penambahan Mobiler.

Kata Bakti, terakhir sekolah SD Negeri Rukahan mendapat bantuan pada tahun 2008 yaitu bangunan perpustakaan, setelah itu tidak pernah ada lagi sejak 2012.

“Dana Bos yang ada itulah kami manfaatkan untuk perbaikan mobiler namun dana tersebut belum memadai. Jumlah Siswa SD Negeri Rukahan saat ini 105 orang. Sekolah ini satu-satunya di Kecamatan Deleng Perkhison yang telah terakreditasi Tipe B,” tegas Bakti.

Ditempat yang terpisah, Kasi Dikdas Dinas Pendidikan dan Olah Raga Aceh Tenggara, Muliadi mengatakan bagunan sekolah SD Negeri Rukahan tidak memenuhi Standar Indonesia (SNI). Saat ini bangunan sekolah yang memenuhi SNI yaitu semestinya 4 meter tinggi antara lantai dan plafon sekolah.

“Memang bagunan sekolah ini terbuat pada tahun 70-an. Sehinga sudah selayaknya kita adakan renovasi bangunan yang memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI),” jelas Muliadi.

Permasalahan selama ini, katanya lagi bagunan sekolah belum bisa kita rehab karena sejumlah kayu yang ada dibelakang sekolah itu  seperti batang panji, batang mangga dan batang kelapa milik masyarakat belum mendapat ijin untuk kita tumbangkan. “Karena bila kayu tersebut belum kita tumbangkan akan sia-sia bila kita rehab bangunan sekolah itu,” ungkap Muliadi. [Dinni]

To Top