Sosial

Puluhan Aktifis Aceh Desak PBB Lindungi Rohingya

Puluhan Aktifis Aceh Desak PBB Lindungi Rohingya
Puluhan Aktifis Melakukan Aksi Solidaritas Rohingya di Bundaran Simpang 5 Banda Aceh, 19 Mei 2015

ACEHTERKINI.COM | Puluhan aktifis yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Aceh Peduli Rohingya melakukan aksi solidaritas untuk Rohingya di Bundaran Simpang Lima, Kota Banda Aceh, Selasa (19/5/2015). Mereka mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa / United Nations (PBB) menekan Pemerintahan Myanmar agar mengakhiri konflik dan kekerasan terhadap etnis Rohingya.

Aksi yang dikawal ketat polisi dan dibantu anggota RAPI Aceh ini berlangsung sekitar pukul 11.00 wib dengan tertib. Para aktifis juga mendesak PBB mencabut nobel perdamaian terhadap Aung San Su Kyi karena terbukti tidak melakukan apa-apa terhadap pembantaian yang dilakukan pemerintah Myanmar terhadap etnik Rohingya.

“PBB , ASEAN dan OKI harus memikirkan solusi jangka panjang terkait masalah kewarganegaraan Rohingya di Myanmar,” teriak koordinator aksi, Basri Effendi dalam orasinya.

Apa yang dialami oleh Rohingya adalah kejahatan terhadap nilai HAM Universal. Pemerintah Junta Militer Myanmar telah memperlakukan etnis Rohingya secara tidak manusiawi. [ate]

To Top