Ekonomi

Potensi Penerimaan Zakat di Aceh Mencapai Rp 2 Triliun

Potensi Penerimaan Zakat di Aceh Mencapai Rp 2 Triliun
Illiza Sa’aduddin Djamal bersama Sekjend WZF, Ahmad Juwaini

ACEHTERKINI.COM | Walikota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal mengatakan potensi penerimaan zakat di Banda Aceh mencapai Rp 58 miliar per tahunnya.

“Sementara untuk tingkat Provinsi Aceh, potensinya mencapai Rp 2 triliun. Namun kita baru mampu merealisasikannya sebesar Rp 134 miliar,” kata Illiza saar membahas seminar World Zakat Forum di Kota Banda Aceh pada 9-10 Juni 2015.

“Jika kita mampu melaksanakan Syariat Islam secara kaffah termasuk soal pengelolaan zakat secara baik, insyaAllah tidak ada orang yang hidupnya susah, kecuali jika orang tersebut memang malas,” terang Illiza.

Rencana Seminar World Zakat Forum ini, Kota Banda Aceh akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan seminar internasional bertajuk “Membangun Standar Internasional Manajemen Zakat”.

Seminar yang akan diikuti oleh sekitar 150 perwakilan lembaga zakat dari 16 negara tersebut akan dibuka oleh Menteri Agama RI di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh.

Sekjend WZF Dr Ahmad Juwaini mengatakan, pada tahun lalu pihaknya menggelar acara serupa di New York, USA. “Pagelaran tahun ini di Banda Aceh, kami berharap dapat dimanfaatkan dan dihadiri oleh tokoh zakat di Indonesia maupun Aceh,” ujarnya.

“Tahun ini kami berharap gagasan standar zakat internasional akan membola salju dan dipakai di seluruh dunia. WZF akan terus berupaya meningkatkan dampak pengelolaan zakat dalam upaya pengentasan kemiskinan dunia,” kata Ahmad yang juga menjabat sebagai Presiden Directur Dompet Dhuafa tersebut. [Red]

To Top