Sosial

Pengungsi Rohingya di Kuala Cangkoy Dipindahkan ke Desa Blang Ado

Pengungsi Rohingya di Kuala Cangkoy Dipindahkan ke Desa Blang Ado
Muslim Rohingya di TPI Kuala Cangkoy, Aceh Utara [Jamal]

ACEHTERKINI.COM | Sedikit 332 orang Pengungsi Rohingya di TPI Kuala Cangkoy Aceh Utara akan dipindahkan ke Desa Blang Ado, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten setempat. Demikian dikatakan Ketua PMI Aceh Utara, Ismet Nur AJ Hasan.

Kepada acehterkini, Sabtu (30/5/2015), Ia mengatakan ada tiga lokasi yang menjadi alternatif, yaitu di Cot Girek, Blang Mangat dan Desa Blang Ado. Namun tempat yang memungkinkan adalah di lokasi bekas pameran North Aceh Expo (NAE) di Jalan Line Pipa Desa Blang Ado Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara.

“Lahan di Blang Ado itu sangat luas, jauh dari penduduk dan tanahnya milik pemerintah, lokasi ini yang akan dipilih,” kata Ismet.

Pemerintah Aceh Utara bersama stakeholder sedang melakukan persiapan untuk memindahkan pengungsi Rohingya ke tempat itu. “fasilitas seperti MCK, air bersih dan tenda akan disiapkan dalam minggu ini, bulan puasa nanti Muslim Rohingya sudah berada di lokasi bekas pameran NAE di Blang Ado,” ujarnya.

Terkait dengan pemondokan, Ismet mengatakan NGO ACT akan membangun barak-barak untuk Rohingya. “Kita siapkan mana yang lebih penting dulu, begitu pengungsi dipindahkan lokasinya sudah siap,” ujar Ismet menambahkan.

Masih dikatakan oleh Ismet, pengungsi asal Bangladesh sebanyak 236 orang sudah dipindahkan ke bekas kantor imigrasi di Punteut, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe.

Selama ini bantuan untuk Rohingya terus berdatangan dari masyarakat Aceh. NGO atau LSM di Aceh secara spontanitas membantu pengungsi ini. “Untuk penanggulangan makanan dan obat-obatan semuanya sudah ada dari IOM,” demikian Ketua PMI Aceh Utara, Ismet Nur AJ Hasan. [ate]

To Top