Kesehatan

Penderita Thalassemia di Aceh Meningkat

Penderita Thalassemia di Aceh Meningkat
  Anak- anak penderita Thalassemia di Aceh membaca puisi, 10 Mei 2015

ACEHTERKINI.COM | Data yang dihimpun Pemerintah Aceh menyebutkan jumlah penderita Thalassemia di Aceh bertambah. Kebanyakan penderita Thalassemia adalah anak-anak berusia 2 sampai 5 tahun dengan latar belakang keluarga berbeda-beda.

Thalasemia, merupakan penyakit kelainan darah yang ditandai dengan kerusakan pada sel darah sehingga menyebabkan penderita mengalami gejala anemia (kekurangan darah).  Untuk penderita yang bersifat berat, biasanya penangananya dilakukan dengan transfusi darah. Penyakit ini bersifat genetik, dan perlu langkah bijaksana dan sikap yang telaten dalam menanganinya.

Data terbaru menyebutkan, tahun 2013 jumlah penderita Thalasemia di Aceh sebanyak 180 orang, kemudian pada tahun 2014 bertambah menjadi  255 orang.

Asisten Pemerintahan pada Sekda Aceh, Dr. Iskandar A Gani mengatakan Pemerintah Aceh akan mendukung langkah-langkah yang dilakukan Perhimpunan Orangtua Penderita Thalassemia Indonesia (POPTI) Aceh.

“keberadaan POPTI menjadi sebuah wadah bagi para orangtua untuk saling mendukung, menguatkan, dan berbagi informasi tentang thalassemia,” kata Iskandar Gani pada peringatan Hari Thalasemia se-Dunia di Auditorium RSUZA Banda Aceh, Minggu (10/5/2015).

Keberadaan para profesional dalam POPTI, kata Iskandar Gani  juga perlu dimanfaatkan, sehingga memberi sumbangsih strategis bagi keluarga dan penderita thalassemia, baik dalam hal pengobatan, pencegahan, maupun dalam penggalangan berbagai sumberdaya guna membantu para penderita. [red]

To Top