Sosial

Pemkab Aceh Barat Daya Salurkan 200 Unit Rumah Dhuafa

Pemkab Aceh Barat Daya Salurkan 200 Unit Rumah Dhuafa
Rumah Dhuafa di Abdya

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak 200 unit rumah sehat sederhana secara simbolis diserahkan Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Jufri Hasanuddin, Sabtu (2/5/2015) kepada sejumlah kaum dhuafa di Desa Kuta Murni, Kecamatan Setia, Kabupaten setempat.

Jufri Hasanuddin mengingatkan agar rumah bantuan tersebut dijaga dan dirawat. “Saya ingatkan kepada para penerima agar rumah tersebut dan tidak diperjualbelikan. Kalau itu dilakukan maka rumah akan kita tarik kembali,” tegas Bupati Abdya.

Dikatakannya, agar semua rumah tersebut haruslah diterima oleh orang yang berhak, tentunya warga yang termasuk ke dalam kriteria penerima bantuan, sebab rumah itu diperuntukkan bagi kaum dhuafa yang sangat layak untuk dibantu.

“Saya menginginkan rumah itu diterima oleh orang-orang yang berhak. Kalau tidak memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan maka dicoret saja dari daftar penerima,” katanya.

Disamping itu, Bupati Jufri juga menyampaikan, keterlambatan pembagian rumah tersebut, akibat adanya segelintir pihak yang mempengaruhi agar memperoleh bantuan tersebut. Bahkan ia juga berpesan agar pihak-pihak tersebut tidak memaksakan kehendak untuk mendapatkan rumah dimaksud.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsoskertrans) Abdya, Drs Yafrizal, mengatakan, pembangunan rumah sehat sederhana itu merupakan program Departemen Sosial Republik Indonesia melalui Dinsosnakertrans Abdya.

Dimana, biaya pembangunan rumah dimaksud menggunakan dana Otonomi Khusus (Otsus) Kabupaten Abdya senilai Rp15 miliar.

Rumah bantuan tipe 36 itu, berjumlah 200 unit dan tersebar di lima kecamatan, antara lain 40 unit di Desa Keude Baro, Kecamatan Kuala Batee, 40 unit di Desa Baru, Kecamatan Jeumpa, 40 unit di Desa Kuta Murni Kecamatan Setia, 40 unit di Desa Gunong Cut, Kecamatan Tangan-Tangan dan 40 unit di Desa Pante Cermin, Kecamatan Manggeng.[Rizal]

To Top