Layanan Publik

Pembangunan Puskemas Manggeng Habiskan Rp 3 Miliar Dari Otsus

Pembangunan Puskemas Manggeng Habiskan Rp 3 Miliar Dari Otsus
Rumah Dinas Camat Manggeng digunakan sementara sebagai Puksemas Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya. [Rizal]

ACEHTERKINI.COM | Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) untuk sementara waktu pindah ke Rumah Dinas Camat Manggeng, pasalnya, bangunan lama yang digunakan untuk merawat sejumlah pasien inap dan rawat jalan akan dibangun gedung baru.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Barat Daya mengatakan pembangunan Puskesmas itu menghabiskan dana Rp3 MIliar yang bersumber dari Otonomi Khusus Aceh.

“Untuk sementara waktu, rawat inap ditiadakan, karena kapasitas lokasi kita yang saat ini tidak memungkinkan, tetapi kalau untuk rawat jalan dan emergency kita tetap melayani termasuk ruang UGD juga berfungsi,” tutur Kepala Puskesmas Manggeng, Salman SKM, Selasa (5/5/2015).

Dikatakan Salman, proses pembongkaran bangunan Puskesmas lama saat ini sedang berlansung. Meski demikian, pihaknya tetap berharap agar pembangunan Puskesmas tersebut dapat berjalan lancar dan tidak terhambat, sehingga pelayanan kesehatan untuk rawat inap akan berjalan seperti sediakala.

“Kita berharap pembangunan Puskesmas itu cepat selesai dan tidak terkendala, disamping itu, kontraktor pelaksana juga harus mengerjakannya sesuai dengan perencanaan, jangan dikerjakan asal jadi,” demikian harap Salman.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Abdya, Martunis Mkes, yang dihubungi terpisah, menjelaskan, pembangunan Puskesmas tersebut, memakan waktu lebih kurang selama enam bulan dengan besar anggaran Rp3 milyar yang bersumber dari Otonomi Khusus (Otsus) Kabupaten tahun 2015.

Mengenai teknis pelayanan kesehatan untuk pasien rawat inap, lanjut Martunis, untuk sementara waktu, pihaknya belum bisa memberikan jawaban yang pasti, karena perlu disepakati terlebih dahulu dengan beberapa kepala Puskesmas yang berdekatan dengan Puskesmas Manggeng antara Puskesmas Lembah Sabil dan Puskesmas Tangan-Tangan.

“Secara Teknis akan kita koordinasi dulu dengan Kepala Puskesmas yang berdekatan, apakah akan ditampung sementara di Kecamatan Lembah Sabil atau di Kecamatan Tangan-Tangan, karena sejumlah Puskesmas tersebut juga berstatus rawat jalan,” demikian pungkasnya. (Rizal)

To Top