Sosial

Pakai Dana APBK, Program TMMD Abdya Tuntas 100 Persen

TMMD Tahun 2015 Di Abdya Resmi Ditutup, 27 Mei [rizal]
ACEHTERKINI.COM | Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahun 2015 di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang dimulai secara serentak pada Kamis (7/5/2015) lalu, telah selesai dikerjakan hingga mencapai 100 persen.

Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Suhartono SIP, usai upacara penutupan TMMD ke-94 yang berlangsung di Lapangan Sepak Bola, Desa Meunasah Sukon, Kecamatan Lembah Sabil kabupaten setempat, Rabu (27/5/2015) mengatakan, sasaran fisik yang dilakukan dalam program TMMD ini, berlokasi di tiga desa dalam Kecamatan Lembah Sabil, yaitu di Desa Meunasah Sukon, melakukan Pembukaan Jalan Desa sepanjang 554 meter, pembangunan talut dan penimbunan sepanjang 100 meter dan pembuatan 2 unit jembatan 2×4 meter. 

Kemudian di Desa Cot Bak U, pembukaan jalan sepanjang 518 meter, pembuatan satu unit jembatan 4×5 meter dan pembuatan talut sepanjang 25 meter.

Selanjutnya di Desa Ladang Tuha Dua, penimbunan jalan desa sepanjang 600 meter. 

Selain  itu juga ada sasaran non fisik, seperti penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, pengobatan massal, penyuluhan dan pelayanan Keluarga Berencana (KB) serta pemberian bantuan 100 buah Al-Quran dan 100 Iqra’.

“Program pembangunan fisik dan non fisik yang dijadikan sebagai target sasaran ini telah selesai dilaksanakan 100 persen. Namun, apa yang telah selesai dikerjakan itu, diserahterimakan kepada Pemkab Abdya, dengan harapan akan ada peningkatan dari apa yang telah dilakukan sebelumnya,”ujarnya.

Mengenai waktu pelaksanaannya berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan, yaitu berlangsung selama 21 hari, yang melibatkan 30 personel TNI, 10 dari Polri, 5 orang dari Pemkab Abdya dan 50 orang dari kalangan masyarakat setempat. Besar anggaran yang dikucurkan dalam program itu, sekitar Rp 450 juta sumber Angggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Tahun 2015.

“Tujuan TMMD ini guna membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan bersifat fisik maupun non fisik,”demikian terangnya.

Sementara itu, Bupati Abdya, Jufri Hasanuddin yang juga hadir sekaligus bertindak sebagai pembina upacara pada penutupan TMMD dimaksud memberikan apresiasi kepada setiap unsur yang terlibat langsung dalam program tersebut.

Menurutnya, TMMD telah secara berkesinambungan membantu pemerintah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat. Bahkan dengan adanya TMMD tersebut, hubungan TNI dengan masyarakat semakin dekat.

“Saya ucapkan terimakasih, karena TMMD telah banyak memberikan manfaat kepada seluruh lapisan masyarakat. Kita berharap, kegiatan TMMD ini dapat terus memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat, yang merupakan landasan utama untuk mewujudkan ketahanan masyarakat yang makin tangguh,” harapnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri unsur muspida Abdya, para asisten, kepala satuan kerja perangkat kabupaten (SKPK), Camat dan sejumlah pejabat daerah lainnya. (Rizal).

To Top