Nasional

Menteri Susi Juga Bicara Rohingya…

Menteri Susi Juga Bicara Rohingya…
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti
ACEHTERKINI.COM | Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bertemu dengan para duta besar (Dubes) seperti Peru, Vietnam, Norwegia, Jerman, Afrika Selatan, Hungaria, hingga Amerika Serikat (AS). Pertemuan tersebut dikemas dalam sebuah acara bertema ‘International Partners Meeting’ di Hotel Mandarin, Jakarta, Kamis (28/05/2015).
Saat menjadi pembicara, Susi bercerita banyak hal. Pertama-tama Susi menceritakan soal isu dunia terhangat yaitu maraknya imigran asing seperti pengungsi asal Rohingya dan Bangladesh yang masuk ke Aceh. Fenomena ini juga terjadi di Eropa khususnya di Italia di mana pengungsi asal Afrika masuk akibat konflik internal di negaranya.
Imigran telah datang dari Afrika ke Italia. Di Indonesia lebih banyak datang ke Aceh dan Malaysia dari pengungsi Rohingya dan Bangladesh. Lalu apa yang bisa kita lakukan? Rohingya ini datang karena ada perang di negerinya sendiri, dan di Eropa para pengungsi datang untuk mendapatkan hidup lebih baik,” tutur Susi.

Pemerintah menurut Susi, harus punya strategi dengan semakin menumpuknya para pengungsi asal Rohingya dan Bangladesh di dalam negeri. Jangan sampai para pengungsi tersebut direkrut oleh pihak-pihak tertentu dan dipekerjakan tidak sesuai, sama seperti kasus perbudakan yang terjadi di Benjina, yang melibatkan banyak ABK asing asal Myanmar, Kamboja, dan Thailand.

“Harus ada pengelolaan yang baik dari sisi kelautan khususnya yang dilakukan Indonesia. Benjina adalah sebuah kasus illegal fishing, di dalamnya ada kasus perbudakan, dan perdagangan manusia. Kami kunjungi dan kami temukan banyak ABK asing,” kata Susi. [mbd/dtf]

To Top