Politik

Masalah Internal Partai Nasdem di Abdya, Anggota DPC Ajukan Mosi Tak Percaya

Masalah Internal Partai Nasdem di Abdya, Anggota DPC Ajukan Mosi Tak Percaya
Anggota DPC Partai Nasdem di Abdya Ajukan Mosi Tak Percaya. [Rizal]

ACEHTERKINI.COM | Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan sejumlah Kader Partai Nasional Demokrat (NasDem) di sembilan kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengajukan mosi tidak percaya terhadap Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Ir Syamsul Bahri dan Sekretarisnya Samsul Rizal SP.

Mosi tidak percaya itu disampaikan oleh Ketua Dewan Pembina Partai NasDem, Said Marwan Saleh bersama delapan Ketua DPC Partai NasDem di Balai Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Abdya, Jum’at (15/5/2015) sore.

Alasan melakukan mosi itu, karena roda organisasi Partai NasDem tidak berjalan dengan semestinya yang dibuktikan dengan sering tidak melakukan rapat, kemudian pengelolaan keuangan amburadul, struktur kepengurusan kacau balau, terjadinya dualisme kepengurusan tingkat DPC, penggunaan aset partai yang tidak jelas, tidak adanya keterbukaan informasi, organisasi sayap partai tidak diberdayakan, lemahnya kemampuan ketua DPD dalam mengorganisir dan memimpin partai.

Dikhawatirkan Partai NasDem tidak berperan digaris depan dalam proses politik di Abdya, termasuk juga bahwa Ketua DPD tidak pernah merespon setiap kritikan, saran dan aspirasi yang disampaikan rekan-rekan pengurus dan kader.

Dari sejumlah alasan tersebut, Ketua DPD dan Sekretaris DPD Partai NasDem Abdya telah melanggar,  pertama Anggaran Dasar (AD) Partai NasDem BAB XII Pasal 22 (pengambilan keputusan), yang kedua Anggaran Rumah Tangga (ART) Partai NasDem pada BAB V Pasal 23 (DPD), BAB V Pasal 24 (Tugas DPD), BAB VI Pasal 59 (Musyawarah DPD) dan BAB XIII Pasal 77 (Rapat-Rapat).

Ketua Dewan Pembina Partai NasDem, Said Marwan Saleh, Sabtu (16/5/2015) mengatakan, pernyataan mosi tidak  percaya terhadap Ketua DPD dan Sekretaris DPD tersebut, pada Sabtu (16/5/2015) telah dikirimkan kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Aceh, dengan nomor surat istimewa tanggal surat 14 Mei 2015.

“Surat tersebut segera kita kirimkan kepada DPP dan DPW terkait mosi tidak percaya terhadap Ketua dan Sekretaris DPD Partai NasDem Abdya, semoga saja dapat segera ditindaklanjuti,” ujarnya singkat.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPD Partai NasDem Abdya, Ir Syamsul Bahri, yang dihubungi terpisah, menyatakan, silahkan saja kalau ingin melakukan mosi tidak percaya terhadap Ketua dan Sekretaris DPD, karena itu merupakan hal biasa terjadi dalam partai.

“Silahkan saja, karena mosi seperti itu juga sudah sering dilakukan, mungkin itu bentuk rasa cinta mereka terhadap partai,” singkat Syamsul yang mengaku kalau dirinya sedang berada di Banda Aceh. (Rizal)

To Top