Ekonomi

Ketahanan Pangan Bukan Ranah Tentara. Pangdam : Itu Tidak Benar

Ketahanan Pangan Bukan Ranah Tentara. Pangdam : Itu Tidak Benar
Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Agus Kriswanto

ACEHTERKINI.COM | Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayjen TNI Agus Kriswanto meluruskan pandangan orang-orang yang menyebutkan penanganan masalah ketahanan pangan seperti yang dilancarkan selama ini bukan ranahnya tentara.

“TNI dinilai telah mencampuri urusan orang, itu tidak benar sama sekali. Harus dicamkan, ketahanan pangan juga bagian dari kekuatan negara,” ujar Pangdam di Pidie Jaya, Jum’at kemarin.

Dikatakan Pangdam, kecukupan pangan juga termasuk bagian dari kekuatan negara. Jika perekonomian membaik atau mapan, negara pun akan kuat. Sebaliknya jika kondisi pangan melemah dan masyarakat hidupnya miskin akan berdampak terhadap kehidupan warga dan akhirnya menimbulkan pikiran buruk yang mengarah pada kekacauan.

Tentara Menunggal Ketahanan Pangan (TMKP) yang dilancarkan mulai musim tanam gadu 2015 ini, sebagaimana petunjuk pemerintah pusat, lanjut Pangdam, bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat.

Petani diimbau jangan ada lagi yang malas bertani, tapi terus memperkuat perekonomian dengan menanam padi, kedelai dan jagung serta beragam komoditi lainnya.

Ditingkat kecamatan, Babinsa menjadi ujung tombak membantu petani bersama penyuluh pertanian setempat. [Red]

To Top