Sosial

Kader PKS Sesalkan Pernyataan Kapuspen TNI Terkait Rohingya

Kader PKS Sesalkan Pernyataan Kapuspen TNI Terkait Rohingya
Muslim Rohingya [Internet]

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah diminta lebih serius menangani pengungsi Rohingya yang sekarang berada di Aceh Utara dan Kota Langsa. Mantan Anggota DPRA, Fuadi Sulaiman mengatakan persoalan ini bukan kejadian pertama di Aceh.

“Ini adalah murni perbedaan agama, muslim Rohingya sudah diusir dari negaranya, Arab Saudi saja mau menampung, kapan lagi kita menolong masyarakat muslim,” ujar Fuadi Sulaiman saat menghubungi acehterkini, Selasa (19/5/2015).

Kader PKS Sesalkan Pernyataan Kapuspen TNI Terkait Rohingya
Fuadi Sulaiman

Menurutnya kalau bisa diizinkan undang-undang, tidak ada salahnya jika muslim Rohingya ini diberikan status warga negara.

“Saya sesalkan pernyataan Kapuspen TNI yang melarang nelayan Aceh menolong Rohingya yang sedang terombang-ambing di perairan laut,” ujar kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

“Kita patut memberikan apresiasi kepada Panglima Laot di Aceh bukan kepada Panglima TNI,” katanya sembari mengatakan Panglima Laot sangat berjasa membantu muslim Rohingya yang sedang menderita di perairan laut Aceh.

Beban ini jangan diberikan kepada pemerintah saja. “Orang Aceh sangat membantu muslim Rohingya, ini bukan beban pemerintah, tapi masyarakat Aceh juga mau menolong sesama muslimnya,” ujar Fuadi Sulaiman.

Tegasnya Pemerintah Indonesia perlu menyiapkan tempat penampungan sementara di sebuah pulau untuk muslim Rohingya seperti yang pernah dilakukan Indonesia membantu manusia perahu dari Vietnam di Pulau Galang, Kepulauan Riau.

Kader PKS ini tidak sependapat jika muslim Rohingya itu dideportasi karena kondisi negaranya sedang berkonflik agama. [red]

To Top