Pendidikan

Jadi Irup Hardiknas, Dandim Ingin Pendidikan di Abdya Lebih Baik

Jadi Irup Hardiknas, Dandim Ingin Pendidikan di Abdya Lebih Baik
Dandim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya), Letkol Inf Suhartono

ACEHTERKINI.COM | Dandim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya), Letkol Inf Suhartono menginginkan pendidikan pada sekolah-sekolah dalam kabupaten setempat lebih baik dengan mutu, kualitas serta daya saing yang kuat.

Hal tersebut dikatakannya saat bertindak sebagai pembina upacara peringatan hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang berlangsung di halaman kantor Bupati setempat, Sabtu (2/5/2015).

Dijelaskan, pendidikan telah membukakan mata dan kesadaran putra-putri Abdya untuk membangun daerah yang lebih maju. Sebuah daerah yang berakar pada adat dan budaya bangsa nusantara, beralaskan semangat gotong royong, tetapi tetap mengedepankan dan menumbuhkembangkan prinsip kesejajaran dan kesatuan sebagai sebuah negara modern.

Secara konstitusional, mendidik adalah tanggung jawab negara. Namun, secara moral, mendidik adalah tanggung jawab setiap orang terdidik. Mengembangkan kualitas manusia Indonesia harus dikerjakan sebagai sebuah gerakan bersama.

Semua harus ikut peduli, bahu-membahu, saling sokong dan topang untuk memajukan kualitas manusia Indonesia lewat pendidikan.

“Kita harus mengajak semua elemen masyarakat untuk terlibat. Kita mendorong pendidikan menjadi gerakan semesta, yaitu gerakan yang melibatkan  seluruh elemen bangsa, masyarakat merasa memiliki, pemerintah memfasilitasi, dunia bisnis peduli, dan ormas/LSM mengorganisasi,” terangnya.

Ia mengharapkan semua pihak untuk merasa peduli, untuk merasa memiliki atas problematika pendidikan agar semua bersedia menjadi bagian dari ikhtiar untuk menyelesaikan problematika itu.

Gerakan pencerdasan dan penumbuhan generasi berkarakter Pancasila adalah sebuah ikhtiar mengembalikan kesadaran tentang pentingnya karakter Pancasila dalam pendidikan. Sudah digariskan bahwa pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis, serta bertanggung jawab.

“Itulah karakter Pancasila yang menjadi tujuan Pendidikan Nasional kita,” paparnya.

Peringatan Hardiknas tersebut turut dihadiri, Kapolres Abdya AKBP Budi Samekto SIK, Asisten Pemerintahan Setdakab Abdya Hanafiah, Asisten Ekonomi Pembangunan, M Nafis Asisten Administrasi Umum Amrizal, Kepala SKPK, para peserta yang terdiri dari PNS, Dishub, Pol-PP dan WH, serta ratusan peserta didik dari berbagai jenjang pendidikan. [Rizal]

To Top