Ekonomi

Investasi Aceh Triwulan Pertama 2015 Meningkat

Investasi Aceh Triwulan Pertama 2015 Meningkat
Gubernur Aceh, Zaini Abdullah

ACEHTERKINI.COM | Triwulan pertama tahun 2015, realisasi penamaman modal PMDN di Provinsi Aceh sudah mengalami peningkatan. Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengatakan perkembangan investasi Aceh menunjukkan grafik yang sangat menggembirakan.

Menurutnya sesuai data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI tahun lalu peringkat investasi Aceh berada pada urutan sembilan, dan tahun ini hingga bulan maret, Aceh sudah berada di peringkat ke-tujuh untuk investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

“Mudah-mudahan investasi Aceh akan terus meningkat, dan kami akan beri dukungan dan kemudahan,” ujar zaini pada bussines leader forum Aceh investmen promotion 2015 di Jakarta, Kamis (21/5/2015) di Hotel Saripan Pasifik.

Kemudahan yang dimaksud Zaini Abdullah diantaranya melalui regulasi, pembangunan infrastruktur pendukung serta pelayanan perizinan yang cepat. Adapun sektor potensial yang dapat dikembangkan di Aceh, yaitu agroindustri, infrastruktur dan energi, dan pariwisata.

Sementara itu Kepala Badan Investasi dan Promosi Aceh (Bainprom), Iskandar mengatakan penyelenggaraan bussines leader forum Aceh investmen promotion 2015 ini ditujukan untuk meningkatkan promosi investasi.

“Aceh sedang gencar-gencarnya melakukan promosi investasi melalui berbagai strategi,” katanya.

Menurut data yang dilansir BKPM RI pada triwulan pertama tahun 2015 menyebutkan Provinsi Aceh berada di peringkat ketujuh terhadap realisasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan nilai investasi Rp1,9 miliar lebih untuk 56 jumlah proyek.

Kemudian untuk Penanaman Modal Asing (PMA), Provinsi Aceh berada di peringkat 25 dari 34 provinsi dengan nilai investasi sebesar USD13,1 juta untuk 21 jumlah proyek. Angka ini juga meningkat dari urutan 29 di periode Januari-Desember 2014. [Red]

To Top