Sosial

Gubernur Aceh: Kouta Haji Aceh Semestinya Ditambah

Gubernur Aceh: Kouta Haji Aceh Semestinya Ditambah
Zaini Abdullah

ACEHTERKINI.COM | Gubernur Aceh, Zaini Abdullah meminta Kanwil Kementerian Agama Aceh untuk memperjuangkan tambahan quota haji Aceh sehingga memberi kemudahan bagi masyarakat Aceh untuk menunaikan ibadah haji ke Baitullah.

Tahun 2015 ini, tercatat lebih dari 70.000 calon jamaah yang telah masuk dalam daftar tunggu. Menurut Gubernur, bila setiap tahun quota jamaah Aceh hanya 4000 orang, berarti harus menunggu antrian yang sangat panjang.

“Ini masa tunggu yang cukup lama. Waiting list jamaah calon haji Aceh terus meningkat dari tahun ke tahun. Bila setiap tahun quota jamaah Aceh hanya 4000 orang, berarti masa antrian itu mencapai 15 tahun,” kata Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh, Muzakkar A. Gani saat membuka Rapat Koordinasi Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Satuan Kerja (RKA-SK) 2016 Kantor Wilayah Kementerian Agama se– Aceh, di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh, Jum’at (8/5/2015) malam.

Sumber Kemenag Aceh menyebutkan surat Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah yang ditandatangani oleh Direktur Pelayanan Haji dalam Negeri, Jamaah Calon Haji yang berangkat dari Embarkasi Aceh akan diangkut  ke Tanah Suci dengan pesawat udara jenis Boeing 777 kapasitas 393 orang.

Jumlah Jamaah Calon Haji Aceh sebanyak 3.111 orang, ditambah TPHD sebanyak 29 orang, dan petugas Kloter sebanyak 40 orang,  maka total seluruhnya yang akan diberangkatkan mencapai 3.180 orang

Berdasarkan data tersebut dapat diperkirakan bahwa jumlah kelompok terbang Jamaah Calon Haji yang berangkat dari Embarkasi Aceh tahun 2015 sebanyak 8 kloter penuh. Terdapat sisa sekitar 36 orang Jamaah Calon Haji dan mereka akan diberangkatkan bergabung dengan Embarkasi lain  yang akan ditetapkan kemudian.

Kapasitas pesawat yang akan mengangkut Jamaah Calon Haji Embarkasi Aceh tahun 2015 ini lebih kecil dibanding pesawat tahun sebelumnya yang mampu mengangkut 440 orang dalam setiap kelompok terbang. [ate]

To Top