Sosial

FPI Aceh Sikapi Rencana Menteri Sosial Soal Anak Muslim Rohingya

FPI Aceh Sikapi Rencana Menteri Sosial Soal Anak Muslim Rohingya
Anak-Anak Rohingya
ACEHTERKINI.COM | Rencana Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa menempatkan Muslim Rohingya ke Pondok Pesantren di Pulau Jawa disikapi oleh Front Pembela Islam (FPI) Aceh. Kepada acehterkini, Ketua FPI Aceh, Tgk. Muslem mengatakan pesantren di Aceh siap menampung Muslim Rohingya. “Kenapa harus di bawa ke Pulau Jawa,? Tanya Tgk. Muslem. 
Ia mengatakan masyarakat telah menerima Muslim Rohingya bertahan di Aceh. Bantuan secara kemanusian terus digalang untuk membantu Rohingya. “Kami sudah katakan, pesantren di Aceh sudah siap menampung Muslim Rohingya,” terang Pimpinan Dayah Mujahidin ini, Kamis [28/5/2015].
Menurut Tgk. Muslem, rencana Menteri Sosial sudah baik, tapi lebih baik lagi kalau Kementerian Sosial menempatkan Muslim Rohingya di pesantren-pesantren di Aceh yang masih kekurangan santri. “Kita berharap semua pihak agar ikhlas membantu Rohingya, jangan dibuat sebagai ladang bisnis,” tegas Tgk. Muslem.
Sebelumnya Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan sedikitnya 12 pondok pesantren di Jawa Timur dan Jawa Barat siap menampung pengungsi Rohingya. Terutama anak-anak yang hidup sebatang kara karena terpisah dari orang tua dan familinya.
Berdasarkan pendataan di lapangan, anak-anak pengungsi Rohingya banyak yang menjadi yatim piatu dan terpisah dari keluarga besarnya, Ia mengatakan sebanyak 12 pondok pesantren yang siap menampung tersebut, antara lain Pondok Pesantren di Malang, Pasuruan, Bojonegoro, Jatim, dan Sukabumi, Jabar. [red]

To Top