Nasional

Ekonomi Semakin Terpuruk, Ribuan Aktivis Akan Turunkan Jokowi

ACEHTERKINI.COM | Kekecewaan terhadap kepemimpinan Joko Widodo sebagai Presiden RI mulai memunculkan reaksi di kalangan mahasiswa. Rencananya pada 20 Mei 2015 mendatang, ribuan aktivis mahasiswa dari berbagai jaringan elemen kampus di daerah berencana menyerbu masuk Jakarta untuk menggelar aksi besar-besaran.

Aksi tersebut akan digelar secara besar-besaran di depan Istana Negara di Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Pihak aparat kepolisian diminta untuk tidak menghalangi.

“Salam Mahasiswa, Kami dari BEM Seluruh Indonesia mengajak kawan-kawan yang berada di Himpunan Mahasiswa Islam, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Gerakan Mahasiswa Pembebasan, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia, Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia, Lembaga Dakwah Kampus, Himpunan Mahasiswa Budhis Indonesia, Serikat Mahasiswa Indonesia, Pelajar Islam Indonesia, akan melakukan aksi serentak pada 20 Mei 2015 untuk penurunan Joko Widodo sebagai Presiden RI,” tulis pesan tersebut yang diterima acehterkini, Jum’at (8/5/2015).

Aksi tersebut karena Jokowi telah mengingkari janjinya, serta membuat kebijakan yang sangat mencekik rakyat,.

“Ayo sudah saatnya, mahasiswa bangkit. Kita sama-sama sebagai Rakyat Indonesia yang merasakan semakin kesusahan, harga BBM naik, harga bahan pokok naik, harga gas semakin mahal, tarif dasar listrik semakin naik, tariff kereta api naik, tatanan hukum amburadul, nilai rupiah semakin jatuh, hutang Negara bertambah, institusi Polri dan KPK semakin gagal, konflik politik tak terkendali, biaya hidup semakin mahal, tunjangan pejabat dinaikkan, ayo sebarkan pesan ini,” tulis pesan singkat tersebut.

Sumber-sumber lain juga menayangkan hal yang sama. Ekonomi tidak semakin membaik, ribuan mahasiswa akan menggelar aksi menurunkan Jokowi sebagai Presiden RI.

Aksi ini sebagai simbol bahwa suara kekecewaan rakyat secara perlahan mulai berembus dan menggugah kesadaran mahasiswa di seluruh tanah air untuk bergerak dalam sebuah konsolidasi aksi nasional.

Informasi yang kami himpun dari beberapa sumber menyebutkan, konsolidasi lintas elemen aksi mahasiswa dan rakyat tersebut terus bergulir.

“Sudah saatnya seluruh potensi anak bangsa bersatu dan bergerak mengepung Istana Negara melalui aksi damai untuk mendesak Jokowi – JK diturunkan dari kekuasaan,” seruan Progres 98 melalui fan page http://www.facebook.com/progres.98

Di antara penggagas aksi ini adalah para mantan aktivis 1998 dan perhimpunan alumni dari berbagai perguruan tinggi di Jakarta. Mereka telah menyiapkan serangkaian pertemuan untuk kesiapan aksi besar-besaran tersebut. [red/sad]

To Top