Sosial

Dua Gubernur Tidak Datang Pada Rakor Se-Sumatera di Aceh

Dua Gubernur Tidak Datang Pada Rakor Se-Sumatera di Aceh
Rapat Koordinasi Gubernur Se-Sumatera di Bandar Lampung. dok. [Internet]

ACEHTERKINI.COM | Dari 10 orang Gubernur di Pulau Sumatera, dua orang diantaranya dipastikan tidak akan menghadiri Rapat Koordinasi Gubernur Se-Sumatera yang akan berlangsung pada 11-13 Mei 2015 di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh.

Kepala Bappeda Aceh, Abubakar Karim mengatakan ada dua gubernur yang tidak hadir, yaitu Gubernur Kepulauan Riau, Drs. H. Muhammad Sani dan Gubernur Sumatera Selatan, H. Alex Noerdin. Namun dua gubernur ini akan diwakilkan asisten dan Sekretaris Daerahnya.

“Sedangkan delapan gubernur lagi sudah konfimasi hadir,” terang Abubakar Karim saat melakukan jumpa pers di Dekmi Café, Sabtu (9/5/2015).

Abubakar menambahkan Forum Gubernur Se-Sumatera ini sudah enam tahun dibentuk. Karena tahun ini kegiatannya di Aceh, maka sumber dananya diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA).

“Sumber dana pertemuan ini dari APBA, tidak sampai Rp2 miliar, dalam satu tahun ada tiga kali Rapat Teknis,” kata Abubakar Karim.

Isu strategis yang akan dibahas dalam pertemuan Gubernur Se-Sumatera ini meliputi percepatan pelaksanaan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), Ketahanan Pangan, Penetapan Visit Sumatera 2015, Membangun Kawasan Industri Hilir, Memperkuat penanggulangan bencana.

Pembukaan Rapat Koordinasi Gubernur Se-Sumatera ini akan dilaksanakan Selasa, 12 Mei 2015 malam. Kemudian esok harinya diagendakan pemaparan dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia dan Presentasi dari Rektor Institute Teknologi Sumatera (ITERA).

Berikut Gubernur Se-Sumatera yang akan hadir dalam Rapat Koordinasi di Aceh;

  1. Gubernur Aceh, Zaini Abdullah [Tuan Rumah]
  2. Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho, ST 
  3. Gubernu Sumatera Barat, Prof.Dr. H. Irwan Prayitno 
  4. Gubernur Riau, Ir. Arsyadjuliandi Rachman, MBA
  5. Gubernur Jambi, Drs. H. Hasan Basri Agus, MM 
  6. Gubernur Lampung, Muhammad Ridho Ficardo, SPi, MSi
  7. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, H. Rustam Effendi 
  8. Gubernur Bengkulu, H. Junaidi Hamsah, S.Ag MPd.

To Top