Sosial

DPR akan Panggil Jokowi Soal Rohingya

DPR akan Panggil Jokowi Soal Rohingya
Joko Widodo

ACEHTERKINI.COM | Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan memanggil Presiden RI terkait langkah dan strategi kemanusiaan yang akan diambil untuk membantu pengungsi muslim Rohingya dan warga Bangladesh di Aceh oleh Pemerintah Indonesia.

Anggota Komisi III DPR RI, Nasir Djamil mengatakan pihaknya sudah mengusulkan untuk memanggil Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) terkait sikap Pemerintah Indonesia memberikan penanganan bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya dan Bangladesh di Provinsi Aceh.

“Harus ada langkah yang massif secara kemanusiaan membantu Rohingya dan warga Bangladesh di Aceh dari Pemerintah Indonesia,” ujar Nasir Djamil.

Kata Nasir Djamil, DPR RI juga akan menanyakan kenapa Pemerintah Indonesia belum meratifikasi konvensi international untuk mengatasi persoalan pengungsian. “DPR akan mengkaji persoalan ini, bagaimana dampaknya jika Indonesia meratifikasi konvensi international tersebut, kita akan bentuk tim,” ujarnya saat dihubungi acehterkini, Kamis (21/5/2015).

“Sebab, jika Indonesia belum meratifikasi itu maka Negara kita tidak leluasa dalam menyelesaikan masalah pengungsi mencari suaka, akibatnya penanganan pengungsi di Indonesia tidak efektif dalam memberikan kepastian hukum,” kata Politikus asal PKS ini.

Selain itu, masih dikatakan Nasir Djamil, DPR RI perlu melakukan langkah politik dengan Pemerintah wilayah asal pengungsi untuk memastikan situasi dan kondisi Negaranya terutama Myanmar dan Bangladesh.

Putra Aceh ini juga mengapresiasi Pemerintah dan masyarakat Aceh dalam memberikan solidaritas kemanusiaan kepada ribuan muslim Rohingya dan warga Bangladesh. “Kita mendesak UNHCR dan IOM untuk memberikan status kepada pengungsi tersebut agar bisa tinggal di Indonesia,” demikian Nasir Djamil. [ate]

To Top