Lingkungan

Bupati Aceh Tengah Ingin Alihkan Hutan Menjadi APL 35 Persen

Bupati Aceh Tengah Ingin Alihkan Hutan Menjadi APL 35 Persen
Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin

ACEHTERKINI.COM | Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin ingin mengalihkan kawasan hutan menjadi kawasan Area Penggunaan Lain (APL) untuk pembangunan. Hal itu disampaikan Nasaruddin saat bertemu Tim Pansus IV DPRA, Selasa (19/5/2015).

Dikatakan Nasaruddin saat ini ada 77 persen kawasan hutan masih mendominasi Aceh Tengah yang memiliki luas 455.404,13 hektar sehingga hanya 23 persen untuk kawasan APL.

Penambahan luas APL sudah diusulkan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menjadi 35 persen, sehingga tersisa 65 persen untuk kawasan hutan.

“Ini juga diperlukan dukungan Pemerintah Aceh untuk percepatan penambahan luas APL di Kabupaten Aceh Tengah,” ujar Nasaruddin

Disisi lain, Bupati Aceh Tengah mendesak percepatan pembangunan jalan Aceh Tengah – Nagan Raya. Menurutnya jalan tersebut mendesak karena menghubungkan Aceh Bagian Barat dengan Aceh Bagian Tengah bahkan Aceh bagian utara.

Nasaruddin mengakui setiap tahun selalu ada alokasi dana untuk pembangunan jalan tersebut namun sangat minim.

“Ada proyek pembangunannya, baik dari arah Nagan maupun dari Aceh Tengah, tapi realisasinya masih sangat lambat, paling tidak setiap tahun 10 kilometer dari Aceh Tengah dan ada 10 kilometer dari Nagan Raya, pasti jalan tersebut cepat selesai,” kata Nasaruddin

Percepatan peningkatan jalan Takengon- Bireuen juga menurut Nasaruddin menjadi masalah klasik dan prioritas mendesak yang hingga kini masih belum dapat terselesaikan dengan baik

Berikutnya percepatan peningkatan jalan Takengon-Angkup- Pameu-Geumpang-Jantho. Menurut Nasaruddin ruas jalan tersebut sudah menjadi program pemerintah Aceh, namun realisasinya masih sangat rendah. “Program pembangunan jalan ini harus menjadi prioritas,” pinta Nasaruddin.

Menanggapi keinginan Bupati Aceh Tengah, Tim Pansus IV DPRA, Bardan Sahidi mendukung dan akan meminta Pemerintah Aceh untuk dapat menuntaskan apa yang disampaikan Bupati Aceh Tengah itu.

“Bersama teman-teman dewan asal pemilihan Aceh Tengah dan Bener Meriah akan kami kawal program dan usulan ini, dalam setiap tahapan pembahasan dan penganggarannya,” kata Bardan. [Red]

To Top