Layanan Publik

Award dari PBB, Aceh Singkil Juara Dua Inovasi Pelayanan Publik

ACEHTERKINI.COM | Inovasi pelayanan publik yang dilakukan Kabupaten Sragen dan Kabupaten Aceh Singkil mendapat penghargaan dari PBB dalam ajang United Public Service Awards (UNPSA) 2015.

Sragen mendapat posisi ketiga dalam program Unit pelayanan Terpadu Pengentasan Kemiskinan. Fokus penilaian ialah pendekatan pemerintah terhadap kesejahteraan masyarakat.

Bentuk inovasi pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Pemkab Sragen adalah memberikan kemudahan akses penyelesaian berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat dalam pelayanan satu pintu (One Stop Service).

Di sisi lain, Kabupaten Aceh Singkil meraih peringkat kedua dalam penilaian kategori 1 untuk kawasan Asia Pasifik. Fokus penilaian diarahkan pada isu peningkatan implementasi pelayanan publik

Adapun inovasi yang diusung Kabupaten Aceh Singkil adalah program Pengembangan Kemitraan Dukun dan Bidan untuk Mengurangi Angka Kematian Anak dan Ibu Melahirkan.

Program inovasi yang dijalankan Dinas Kesehatan setempat itu berhasil menekan angka kematian anak dan ibu melahirkan hingga angka nol. Keterlibatan dukun dalam program tersebut merupakan bentuk penghargaan terhadap budaya persalinan lokal yang sangat dihormati karena diyakini memiliki kekuatan magis dan agung.

[jpnn]

To Top