Sosial

Aliansi Masyarakat Aceh Tolak Deportasi Rohingya

Aliansi Masyarakat Aceh Tolak Deportasi Rohingya
Pengungsi Rohingya di Aceh [Internet]

ACEHTERKINI.COM | Sejumlah organisasi Islam di Aceh yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Aceh Peduli Rohingya menolak pemulangan Rohingnya ke negara asalnya. Koordinator Aliansi Masyarakat Aceh Peduli Rohingya, Basri Efendi mengatakan Pemerintah Aceh dan Pemerintah Pusat harus serius membantu pengungsi muslim Rohingya di Aceh.

“Dulu perang Vietnam, Indonesia menyediakan satu pulau untuk pengungsi dari Vietnam, ini yang harus dilakukan oleh Pemerintah Pusat membantu muslim Rohingya,” kata Basri Efendi kepada acehterkini, Senin (18/5/2015).

Aliansi Masyarakat Aceh terus melakukan aksi kemanusiaan membantu muslim Rohingya di Indonesia. “Tanggap darurat dalam bentuk penggalangan dana dan kampanye Rohingya sudah dilakukan, posko kemanusiaan dipusatkan di Taman Sultahanah Safiatuddin, Kota Banda Aceh,” pungkasnya.

Kemudian, Basri menambahkan bahwa pihaknya juga akan menggelar konperensi international terkait penanganan dan bantuan kemanusiaan untuk muslim Rohingya di Indonesia.

“Akan ada aksi massa di Bundaran Simpang Lima, Selasa (19/5/2015) menuntut bagaimana peran Pemerintah Aceh dan Pemerintah Pusat menangani muslim Rohingya di Indonesia, kami menolak Rohingnya dideportasi,” ujar Basri juga sebagai Ketua Pusat Advokasi Hukum dan HAM (PAHAM) Aceh ini.

“Bukan solusi untuk memulangkan muslim Rohingya karena kondisi negaranya sedang konflik, kami menghendaki agar muslim Rohingya tetap di Indonesia,” demikian Koordinator Aliansi Masyarakat Aceh Peduli Rohingya. [ate]

To Top