Ekonomi

12,587 RTS di Abdya, Raskin Gratis Baru 50 Persen Tersalurkan

12,587 RTS di Abdya, Raskin Gratis Baru 50 Persen Tersalurkan
Ilustrasi

ACEHTERKINI.COM | Beras Keluarga Miskin (Raskin) Gratis untuk 12.587 kepala keluarga (KK) miskin atau rumah tangga sasaran (RTS) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) baru tersalurkan sekitar 50 persen dengan jumlah 160 ton beras untuk jatah bulan Maret sampai dengan April 2015.

Penyaluran itu telah dilakukan untuk beberapa kecamatan diantaranya, Kecamatan Lembah Sabil, Manggeng, Tangan-Tangan dan Setia, dengan serapan penyaluran beras sekitar 160 ton. Sedangkan penyaluran untuk lima kecamatan lainnya, seperti Blangpidie, Susoh, Jeumpa, Kuala Batee dan Babahrot terus dipacu, sehingga beras dimaksud langsung dapat diterima oleh masyarakat yang berhak tanpa harus menunggu waktu terlalu lama.

“Beras yang telah kita keluarkan dari gudang bulog untuk raskin gratis sekitar 160 ton atau kalau dipersentasekan sekitar 50 persen yang disalurkan untuk jatah bulan Maret dan April berdasarkan pagu yang telah ditetapkan sekitar 188,8 ton per bulan,” kata Kepala Perum Bolug Sub Divre VI Blangpidie, H Basir yang dihubungi wartawan, Jumat (8/5/2015).

“Sementara untuk kecamatan lainnya terus menyasul dan dipacu, karena kita juga tidak ada niat untuk memperlambat proses penyaluran tersebut,” sambung Basir.

Dengan adanya program raskin gratis ini, lanjut Basir, keluarga miskin di Abdya tidak lagi mengeluarkan biaya satu rupiah pun. Biaya tebus raskin sudah ditanggung Pemkab Abdya menggunakan APBK 2015, termasuk ongkos angkut dari kecamatan ke setiap desa.

“Sementara  ongkos angkut dari gudang Bulog hingga ke titik distribusi pada sejumlah kecamatan, ditanggung pihak Bulog,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Basir mengatakan, sejauh ini persediaan beras untuk penyaluran raskin dalam wilayah Perum Bolug Sub Divre VI Blangpidie masih mencukupi, yaitu sekitar 2000 ton. Bahkan jumlah tersebut akan mampu bertahan sebagai persediaan beras untuk enam bulan ke depan.

Pasca panen padi di wilayah Kabupaten Abdya beberapa waktu lalu, pihaknya telah berhasil menampung beras hasil petani lokal sekitar 900 ton terhitung sejak memasuki masa panen hingga Mei 2015.

“Target kita dalam setahun harus berhasil menampung beras dari petani lokal sebanyak 5.500 ton, namun sampai sekarang telah ada sebanyak 900 ton. Kita berharap para petani lokal jangan ragu-ragu untuk menjual hasil panennya kepada bulog, sebab bulog siap menampung beras dari petani lokal sebanyak mungkin,” demikian terangnya. (Rizal)

To Top