Ekonomi

1 Juni, Pemerintah Tetapkan Lagi Harga BBM

1 Juni, Pemerintah Tetapkan Harga BBM
Ilustrasi
ACEHTERKINI.COM | Pemerintah memutuskan harga BBM tetap per 1 Juni 2015 pukul 00.00 waktu setempat, meski rata-rata harga minyak dunia mengalami peningkatan selama masa evaluasi antara 25 April-24 Mei 2015.
Dirjen Migas Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja dalam siaran pers di Jakarta, Minggu (31/5/2015), mengatakan pemerintah mempertimbangkan kondisi masyarakat yang akan menjalani ibadah puasa.
“Dengan pertimbangan menjaga kestabilan perekonomian serta tidak memberatkan masyarakat selama menjalani ibadah puasa, pemerintah memutuskan per 1 Juni 2015 pukul 00.00 waktu setempat, harga BBM dinyatakan tetap,” katanya.
Menurut dia, harga premium di wilayah penugasan yakni luar Jawa-Madura-Bali tetap Rp7.300/liter, solar subsidi Rp6.900/liter, dan minyak tanah Rp2.500/liter.
Sementara itu Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menetapkan kisaran harga stabil untuk Bahan Bakar Minyak (BBM) agar tidak sering berfluktuasi.
“Kami akan menetapkan penyesuaian harga BBM selama tiga bulan sekali agar harganya stabil dan tidak menyusahkan masyarakat,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said di Jakarta, Minggu (31/5/2015).
Dia mengatakan saat ini pihaknya membutuhkan waktu untuk mengamati dan menganalisa pergerakan harga minyak, maka dari itu penetapan standar penyesuaian harga tersebut dilakukan pada November.
“Kami perlu mengamati pergerakan harga minyak, November nanti mungkin sudah bisa diberlakukan,” kata dia.
Pemerintah akan menetapkan harga terendah dan harga tertinggi dari BBM tersebut. [Red/Inilah]

To Top