Ekonomi

1 Group Hanya 1.200 Dollar AS Per Orang, Garuda Targetkan 165 Ribu Penumpang

ACEHTERKINI.COM | Besarnya potensi penumpang yang akan melakasnakan perjalanan ibadah umroh menjadi fokus dari Garuda Indonesia untuk meningkatan pendapatan bagi perusahan milik negara tersebut.

Senior Manager Umroh, Haji Plus & Workers Sales Garuda Indonesia,  Karnabi mengatakan tahun ini pihaknya menargetkan penumpang umroh sebanyak 165 ribu penumpang dan jumlah ini meningkat 24 persen dari tahun lalu.

“Kami optimistis target tersebut akan tercapai, hal ini disebabkan realisasi yang sudah hampir terkonfirmasi untuk mengunakan jasa penerbangan kami sekitar 117 ribu penumpang,” kata Karnabi di Jakarta, Kamis (7/5/2015).

Ia menjelaskan dalam satu minggu terdapat 21 frekuensi yang melayani penerbangan tujuan ke Jeddah dari Jakarta, Medan, Surabaya dan Makassar dengan tingkat keterisian sekitar 80 persen.

Penerbangan rute-rute ini menggunakan pesawat berbadan besar sekelas Boeing 777-300 ER yang bisa memuat hingga 300 penumpang. Tidak hanya itu maskapai pelat merah itu akan mendatangkan lima unit pesawat berbadan lebar pada tahun ini. Menurutnya, salah satu destinasi yang dibidik Garuda adalah untuk umrah.

Karnabi memaparkan satu grup peserta umrah berjumlah sekitar 45 orang dengan harga paket 1.200 dollar AS per orang. Untuk layanan penerbangan per Minggu tujuan Jeddah dengan keberangkatan dari Jakarta, Medan, Surabaya dan Makassar.

“Dalam satu bulan nilai transaksi untuk penerbangan Jakarta-Jeddah mencapai sekitar 200 miliar rupiah. Dan untuk meningkatkan pendapatan tersebut juga menyiapkan 14 penerbangan per pekan yang secara khusus melayani perjalanan umroh,” katanya sebagaimana dilansir Koran Jakarta.

Karnabi menambahkan, penerbangan-penerbangan umroh ini tidak terpengaruh signifikan, meski terjadi fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dan pembatasan kuota akibat adanya renovasi Masjidil Haram.

Selain itu, tambahnya dia, pembayaran menggunakan dolar AS masih dalam posisi aman. Namun apabila menggunakan rupiah tidak tertutup kemungkinan akan dilakukan lindung nilai atau hedging.

Saat ini Garuda Indonesia mitra agen perjalanan haji dan umroh mencaai 400 agen di seluruh Indonesia. Garuda juga sudah mulai mengangkut penumpang umroh dengan pesawat Airbus untuk embarkasi Medan, Pekanbaru, Batam, dan Banda Aceh. Selain itu juga Makassar, Balikpapan, Banjarmasih dan Surabaya. [red]

To Top