Sosial

UUPA Tidak Bertentangan Dengan Pilar Kebangsaan

Foto Ilustrasi [internet]

ACEHTERKINI.COM | Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh (UUPA) tidak bertentangan dengan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai landasan hukum. Hal tersebut dikatakan Muhammad Saleh, anggota Komisi I DPRA dari Franksi Partai Golkar, Selasa (14/4/2015).

“UUPA mengatur Aceh yang lex spesialis, landasan hukum ini tidak bertentangan dengan Pilar Kebangsaan,” ujar M. Saleh saat menjadi narasumber Sosialisasi 4 Pilar yang diselenggarakan oleh Pemuda dan Mahasiswa Aceh Selatan, Subulussalam dan Aceh Singkil di Aneuk Kopi Café, tadi.

Menurut M. Saleh yang juga berasal dari Daerah Pemilihan IX Provinsi Aceh, empat pilar kebangsaan itu adalah Pancasila,Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Dikatakannya empat pilar itu adalah tiang Negara. Pancasila adalah dasar Negara yang tidak boleh diubah, Demikian juga dengan Undang-Undang Dasar 1945 juga tidak boleh diubah walaupun banyak pihak ada yang mepersoalkannya.

Bhineka Tunggal Ika dan NKRI adalah ideologi dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang berbeda-beda suku dan bahasa.

“Secara ideologi kita adalah sama, bagaimana sesama kita memberikan bantuan saat Aceh dilanda konflik dan bencana tsunami. Ideologi ini harus kita pertahankan,” ujar mantan Anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI)  terakhir berpangkat Letnan Kolonel, M. Saleh.[ate]

To Top