Nasional

Urus Izin HGU Hanya Butuh 90 Hari Kerja

ACEHTERKINI.COM | Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Franky Sibarani mengatakan pihaknya berupaya mempercepat pengurusan perizinan terkait di berbagai sektor. 
Mengutip laman JPNN, Rabu (8/4/2015), salah satu upaya tersebut adalah mempersingkat waktu pengurusan perizinan terkait pertanahan, kelistrikan, sektor agrarian, kehutanan dan perhubungan untuk memudahkan investasi.
Ia menambahkan perizinan pertanahan sektor agrarian yang sudah berhasil dipercepat adalah pengukuran bidang tanah yang luasnya lebih dari 1.000 hektar dari 41 hari kerja dipersingkat menjadi 20 hari kerja. 
Kemudian izin hak guna usaha (HGU) yang luasnya lebih dari 6.000 hektar, membutuhkan waktu 90 hari kerja dari sebelumnya tidak ada batasan waktu pengurusan yang pasti. 
Selanjutnya izin hak guna bangunan lebih dari 15 hektar, dari 86 hari kerja menjadi 50 hari kerja.
“Untuk sektor ketenagalistrikan, umumnya luas tanah yang dibutuhkan adalah 200 hektar, ini membutuhkan waktu 50 hari kerja” demikian Franky Sibarani.
PTSP Pusat di BKPM juga telah memproses 74 izin terkait ketenagalistrikan. Izin tersebut terdiri dari 70 izin yang dikeluarkan oleh desk Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di PTSP Pusat dan 2 izin terkait perizinan sektor kehutanan.

“Empat perizinan terkait ketenagalistrikan lainnya terkait dengan kehutanan, masing-masing 2 izin pinjam pakai kawasan hutan dan 2 persetujuan prinsip izin usaha pemanfaatan energi air. Seluruhnya untuk proyek yang dikelola oleh PMDN,” demikian Franky. [red] 

To Top