Pendidikan

Ujian Nasional di Aceh Utara Lancar

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Utara memantau pelaksanaan UN di hari pertama, 13 April 2015. [Jamal]

ACEHTERKINI.COM | Ujian Nasional (UN) hari pertama di Aceh Utara berjalan lancar, Senin (13/04/2015). Untuk meningkatkan hasil kelulusan yang murni, para peserta UN tersebut dihimbau agar tidak terpengaruh jika ada bocoran jawaban soal UN yang didapati peserta.

“Peserta UN harus lebih berhati-hati dalam meneliti soal UN. Jangan ada yang terpancing iming-iming kunci soal yang ditawarkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” kata Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib, melalui Kabag Humasnya Drs. Amir Hamzah tadi.

Didampingi kepala sekolah, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Aceh Utara, Razali, S.Pd, bersama Asisten Pembangunan Abdul Aziz, SH (mewakili Bupati), Amir Hamzah ikut melihat langsung kondisi pelaksanaan UN hari pertama.

Peninjauan UN itu dilakukan dibeberapa sekolah SMA di Aceh Utara. Seperti di SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu, SMA Negeri 1 Samudera, SMA Negeri Syamtalira Aron, SMA Unggul Lhoksukon dan SMA Negeri 1 Lhoksukon.

Kepala Disdikpora Aceh Utara, Razali mengatakan jumlah peserta UN tahun ini di Aceh Utara sebanyak 6.856 siswa. Dari jumlah tersebut masing-masing, 4.470 siswa SMA, 1.337 siswa MA, dan 1.013 siswa SMK.

“Kita belum menemukan kendala pada UN tahun ini. semua berjalan lancar,” kata Razali.

Pelaksanaan UN hari pertama kali ini memang belum menyentuh kendala sama sekali. Bahkan, beberapa kepala sekolah mengklaim pelaksanaan UN tidak terkendala.

“Alhamdulillah pelaksanaan UN seperti biasa, dan belum ada kendala. Namun, UN kali ini berbeda seperti UN sebelumnya karena kelulusan siswa kali ini tidak berdasarkan keputusan dari pusat.

Sekarang sudah diberi wewenang kepada guru siswa untuk menentukan kelulusan,” kata Muhammad Isa, kepala SMA Negeri 1 Lapang. [Jamaluddin]

To Top