Sosial

Soal UN Aceh Bocor? Anies Baswedan Harus Verifikasi Pernyataannya

Hasanuddin Darjo

ACEHTERKINI.COM | Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengidentifikasi ada 30 booklet naskah soal Ujian Nasional (UN) 2015, yang diunggah secara ilegal melalui akun google drive. Statemen Mendikbud ini harus di verifikasi lagi, karena akan mempengaruhi pengumuman UN Tingkat SMA sederajat di Aceh.

Hasil identifikasi menunjukkan booklet naskah soal paket UN Sekolah Menengah Atas (SMA) jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

“Hasil identifikasi berdasarkan temuan kode naskah soal yang diunggah, yaitu U-N-2014/2015,” kata Mendikbud Anies Baswedan dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Jumat (17/4/2015).

Dia mengakui booklet soal yang diunggah melalui google drive, digunakan di dua tempat, yaitu NAD, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Namun, Mendikbud menegaskan hanya booklet soal yang diperuntukkan bagi wilayah NAD yang diunggah melalui akun google drive.

“Filenya diunggah di google drive adalah soal untuk SMA IPA yang memang digunakan di dua tempat, yaitu Aceh, dan Yogya. Tapi, yang diunggah adalah untuk Provinsi Aceh, di Yogya tidak diunggah,” ujar Mendikbud dilansir dari situs JPNN.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Hasanuddin Darjo kepada acehterkini, Jum’at (17/4/2015) malam mengatakan Anies Baswedan akan melakukan verifikasi terhadap statementnya itu.

“Pasti menteri akan cek dan ricek dan membuktikan, ini masih indikasi, yang jelas tidak ada kebocoran soal UN di Aceh,” ujar Hasanuddin Darjo.

Menurut Hasanuddin Darjo pelaksanaan UN di Aceh aman dan tidak ada kendala.

“Kami mengetahui adanya masalah ini justru setelah ada statemen Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, tentu ini akan mempengaruhi pengumuman UN tingkat SMA sederajat pada pertengahan Mei 2015 mendatang untuk Aceh,” ujar Hasanuddin Darjo. [ate]

To Top