Ekonomi

Petani Langsa Ikut Pelatihan Pembibitan Karet di Siantar

Marzuki Hamid
ACEHTERKINI.COM | Untuk meningkatkan ilmu pemberdayaan pohon karet, Wakil Walikota Langsa Drs. Marzuki Hamid, MM mengirimkan 20 orang petani ke Pematang Siantar, Sumatera Utara, Selasa (21/04/2015).
Pelatihan ilmu pembibitan dan pengembangan pohon karet yang dilaksanakan oleh PT. Bridgestone itu juga diikuti oleh tim penyuluh pertanian Kota Langsa.
“Tujuan pengiriman 20 orang anggota kelompok tani dan penyuluh pertanian mengikuti pelatihan dimaksud supaya petani dapat mengembangkan pembibitan karet di Kota Langsa,” kata Marzuki Hamid, Selasa (21/04/2015).
Lanjutnya, Kota Langsa merupakan daerah yang memiliki lahan pertanian yang sangat terbatas. Langsa tidak bisa dijadikan sebagai kawasan produktivitas pertanian yang handal dibanding daerah lain.
“Untuk itu, kita menilai dengan keterbatasan lahan tersebut, Langsa dapat menjadi kota penyedia layanan pembibitan karet bagi pengusaha pertanian luar daerah, baik Aceh maupun luar Aceh,” tutur Marzuki.
Kata dia, adapun ada tiga Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) di Kota Langsa, namun BPP tersebut hingga saat ini masih kekurangan ilmu dalam hal pengembangan pertanian.
Dari program pengiriman petani ke Sumatera Utara, Wakil Walikota Langsa berharap kedepannya ada perubahan yang signifikan bagi BPP dalam mengembangkan pemberdayaan pertanian.

“Perusahaan yang membuat pelatihan ini (PT. Bridgestone), kita harap dapat memberikan pembinaan yang baik untuk petani kita. Dalam hal ini, kita mengakui perusahan itu 30 persen menggunakan bahan baku dari Aceh,” terang Marzuki Hamid. [Jamal]

To Top