Layanan Publik

Penanganan Saluran Irigasi Manggeng Belum Maksimal

Muspika Manggeng Abdya sedang meninjau lokasi irigasi yang jebol [Rizal]
ACEHTERKINI.COM | Upaya perbaikan jebol irigasi yang jebol pada Sabtu (18/4/2015) di Desa Lhok Puntoy, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya yang dilakukan oleh instansi terkait belum maksimal. 
Petani di desa itu, Nasruddin, Senin (20/4/2015) mengatakan dinding saluran yang jebol itu perlu dibuat penahan agar tidak lagi rusak jika diguyur hujan deras.
“Dilokasi jebolnya dinding saluran itu, perlu dibuat penahan tebing dengan menggunakan exavator (beko), kalau tidak, maka dinding saluran tersebut bakal jebol kembali meskipun dibuat dengan kekuatan yang maksimal,” ungkapnya.
Dikatakan Nasruddin,  walaupun panjang jebolnya saluran itu hanya sekitar 15 meter, namun imbasnya akan membuat sawah petani yang baru saja dibajak mengalami kekeringan, untuk itu diharapkan instansi terkait agar membuat penahan tebing disekitar dinding saluran, supaya saluran yang sudah ditambal akan kuat dan mampu menahan derasnya arus air.
“Kita sudah mengurus segala administrasinya termasuk pembebasan tanah sekitar saluran,” tuturnya.
Jika tidak ditangani secepatnya, tambah Nasruddin, akan berakibat fatal dengan kondisi pertanian di Abdya khususnya Kecamatan Manggeng, sebab lahan yang sudah dibajak harus diulang kembali karena sudah tidak ada air.
“Saya rasa pemerintah mesti serius untuk mensuskseskan program tanam serentak tahun ini, kalau permasalahan air belum mampu ditangani, maka saya pastikan tanam serentak bakal gagal,” demikian tambahnya.
Terkait dengan hal itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Anwar Daud yang dikonfirmasi terpisah, meminta kepada masyarakat untuk bersabar karena itu sudah masuk ketahap tindak lanjut penanganan saluran tersebut.
“Secara darurat sudah kita tanggulangi, tetapi menganai tindak lanjut perbaikannya akan kita konsultasi dulu dengan pimpinan karena itu butuh anggaran besar,” ujarnya.
Disamping itu, lanjut Anwar, tepat pada saluran yang jebol tersebut mesti dibangun penahan tebing berupa beronjong termasuk untuk memindahkan posisi aliran sungai, agar air tidak lansung menerjang dinding saluran. [Rizal]

To Top