Politik

PAN Protes Komposisi Pimpinan DPRK Aceh Utara

ACEHTERKINI.COM  | Partai Amanat Nasional (PAN), Aceh Utara memprotes komposisi pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK), Aceh Utara, karena dinilai telah menyalahi prosedur dan peraturan yang berlaku.
“PAN selaku pemenang ke IV di Aceh Utara dalam pemilu Legislatif 2014, seharusnya mendapat posisi wakil ketua III. Tapi faktanya, posisi itu dipaksakan untuk Partai Aceh (PA),” kata Sekretaris DPD PAN Aceh Utara, H. Iskandar Ali, kepada ACEHTERKINI.COM, Senin (20/04/2015).
Iskandar mengatakan, terkait masalah ini, pihaknya secara resmi telah menyurati Gubenur Aceh, Mendagri dan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI di Jakarta belum lama ini. Laporan itu ditindaklanjuti agar pihak tersebut segera memproses pembatalan SK No. 171.12/845/2014, tentang penetapan pimpinan ke-4 DPRK Aceh Utara atas nama Abdul Muthalib, S.Sos dari PA.
“Surat itu kita kirim pada pertengahan 2015, tapi hinga kini, komposisi pimpinan DPRK Aceh Utara belum berubah. Padahal SK itu jelas-jelas melanggar UU No.17, Tahun 2014, tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD serta peraturan Pemerintah No.16, tahun 2010 tentang pedoman penyusunan tata tertib dewan,” jelas Iskandar.
Iskandar menambahkan, khusus untuk BPK RI, surat itu sengaja ditembuskan karena ekses dari keluarnya SK tersebut membuka peluang terjadinya penyalahgunaan wewenang dan penyalahgunaan fasilitas serta keuangan negara.
“Kita akan terus berupaya memperjuangkan perkara ini sampai selesai. Karena, menyangkut perundang-undangan yang sah. Sementara mengenai langkah lebih lanjut, kita masih menunggu arahan dari dewan pimpinan pusat,” demikian Iskandar. [Jamal]

To Top