Sosial

Muskomwil Aspeksi I Sumatera Isukan MEA 2015

Muskomwil Aspeksi I Sumatera Isukan MEA 2015
Dirjen Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri RI, Ir Agung Mulyana Msc

ACEHTERKINI.COM | Musyawarah Komisariat Wilayah Asosiasi Pemerintah Kota resmi dimulai, Kamis (23/4/2015) di Hotel Mercure, Padang, Sumatera Barat, Kegiatan ini akan berlangsung sampai tanggal 25 April nanti.

Pembukaan ditandai dengan pemulukan gong oleh Dirjen Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri RI, Ir Agung Mulyana Msc bersama Walikota Padang, H Mahyeldi.

Agung Mulyana mengatakan dalam Muskowil Apeksi I ini salah-satu isu yang didiskusikan adalah terkait dengan isu Masyarakat Ekonomi Asean yang mulai diberlakukan pada Desember nanti.

Kata Agung, Masyarakat Ekonomi Asean merupakan tantangan sekaligus peluang bagi kota di Indonesia tak terkecuali anggota Apeksi.

Sesuai dengan tema Apeksi ‘Mengoptimalkan Peran Birokrasi Dalam Percepatan Investasi Daerah di Era Masyarakat Ekonomi Asean 2015’, kata Agung ada hal-hal yang mesti diketahui, dimana dengan pemberlakuan kebijakan tersebut nantinya akan ada keleluasaan bagi investor untuk keluar masuk dari dan ke Indonesia.

“Artinya mobilitas investasi tidak bisa dihambat,” ungkap Agung.

Hal lain, lanjut Agung, ada juga keleluasaan bagi tenaga profesional seperti dokter, perawat, guru dan tenaga profesional lainnya untuk keluar masuk ke Indonesia.

“Dokter dari Malaysia bisa dengan mudah buka praktek di Indonesia, tentunya dengan syarat setelah membuktikan keprofesionalannya,” tambah Agung.

Karenanya, Agung meminta semua anggota Apeksi agar dapat meningkatkan sumber daya manusia dan menjadi kawasan yang profesional agar mampu bersaing di era masyarakat ekonomi asean.

“Kalau kita tidak mampu, maka kita hanya akan menjadi pasar bagi negara-negara Asean lainnya,” ujarnya.

Muskomwil Apeksi I Sumatera diikuti oleh 23 anggotanya, yakni Banda Aceh, Sabang, Lhokseumawe, Langsa,  Subulussalam, Payakumbuh, Padang, Padang Panjang, Sawah Lunto, Solok, Pariaman, Bukit Tinggi, Medan, Pematang Siantar, Padang Sidempuan, Tanjung Balai, Tebing Tinggi, Binjai, Sibolga, Gunung Sitoli, Pekan Baru, Dumai dan Tanjung Balai. [red]

To Top