Sosial

Langgar Perjanjian, Petani di TNGL Protes BBTNGL

Langgar Perjanjian, Petani di TNGL Protes BBTNGL
Ratusan petani di TNGL melakukan protes karena BBTNGL melanggar perjanjian, 28 April 2015. [Dinni]

ACEHTERKINI.COM | Sekitar ribuan orang petani di Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) melakukan aksi demo menuntut agar Polisi menangkap pihak Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) karena telah melakukan penebangan lahan petani di kawasan itu.

Sebelumnya pada 28 Desember 2014 lalu, sudah ada perjanjian antara BBTNLG dengan Petani untuk menahan diri dan tidak melakukan penebangan lahan petani di Kawasan TNGL.

“Perjanjian itu dipatuhi oleh petani, tapi pihak BBTNGL tetap melakukan penebangan lahan petani di kawasan TNGL, Balai Besai telah menyalahi perjanjian, maka kami minta Polisi menangkap pengurus BBTNGL,” ujar Yashut Hutapea, koordinator aksi, Selasa (28/4/2015).

Para petani berkumpul di Halaman Stadion H. Sahadat Kutacane dan bergerak menuju Gedung DPRK Aceh Tenggara.

“Kami tidak sepakat jika petani di Aceh Tenggara dikatakan sebagai perambah hutan, justru yang merusak hutan itu adalah oknum yang dibiarkan oleh BBTNGL,” ujar Yashut.

Ia juga menyampaikan kekecewaan terhadap pihak Polda Aceh yang melakukan penyelidikan terhadap para petani yang memiliki lahan satu hektar sedangkan ada pegusaha yang telah melakukan perambahan hutan seluah 70 hektar yang ditanami dengan sawit namun sampai hari ini belum juga di lidik.

Mendengar keluhan ini, Komisi B DPRK Aceh Tenggara akan membahas masalah ini pada 5 Mei 2015 dengan mengundang pihak BBTNGL dan petani di TNGL. [Dinni]

To Top