Sosial

Lagi, Ratusan Warga Banda Aceh Demo Sidang Gafatar

Sejumlah Ormas Islam melakukan aksi di halaman Kantor Pengadilan Negeri Banda Aceh menuntut hakim memberikan
putusan yang seadil-adilnya, 21 April 2015.
ACEHTERKINI.COM | Ratusan aktivis dari sejumlah ormas islam dan warga dari berbagai gampong di Banda Aceh kembali melakukan demo di Pengadilan Negeri (PN) Banda Aceh dalam sidang lanjutan terdakwa dugaan aliran sesat Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar), Selasa (21/04/2015).
Warga menuntut hakim memimpin jalannya persidangan dengan seadil-adilnya di halaman Pengadilan Negeri. 
Perwakilan FPI dalam orasinya mengatakan Gafatar adalah antek dari pada kafir, mereka menjalankan misi kristenisasi.
Sementara itu di ruang persidangan dua saksi dihadirkan, Lia Zaradifa seorang anggota baru Gafatar yang bergabung sekitar 7 Januari 2014 dan Ayu Aristiana, Sekretaris Gafatar Aceh. 
Ayu adalah salah seorang terdakwa yang dihadirkan menjadi saksi untuk terdakwa Abdul Fatah (saksi mahkota).
Lia Zaradifa selaku saksi membenarkan dirinya sudah bergabung dengan kelompok Gafatar.dan saksi sendiri menjabat sebagai pengurus Gafatar pada bidang pendidikan.
Di hadapan majelis hakim yang dipimpin Syamsul Kamal, Lia mengaku sempat mengajak kedua orang tuanya untuk bergabung ke Gafatar walau orang tuanya tidak terkabulkan. 
“Saya sempat mengajak juga orang tua tapi tidak terkabulkan dan orang tua saya bilang jangan ikut organisasi yang asal-asal,” ujarnya.
Setelah persidangan Lia berakhir, Hakim memanggil saksi selanjutnya yang bernama Ayu Aristiana, seperti biasa Ayu juga disodorkan dengan pertanyaan yang sama. 
Sebelumnya ratusan warga Kota Banda Aceh dan sejumlah Ormas Islam melakukan demo pada sidang pertama Gafatar pada 7 April 2015 lalu. 

Persidangan yang menyeret pengurus Gafatar ini akan dilanjutkan kembali awal Mei 2015. [ril/ate]

To Top