Sosial

Konflik TNGL Tak Selesai, Petani Desak Segerakan Provinsi ALA

Konflik TNGL Tak Selesai, Petani Desak Segerakan Provinsi ALA
Petani di Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) melakukan aksi menuntut penyelesaian konflik dengan Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL), 28 April 2015 [Dinni]

ACEHTERKINI.COM | Maha Putra, Wakil Pengurus Petani yang ada di Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) meminta Gubenur Aceh,  Zaini Abdullah agar menyelesaikan permasalahan petani Aceh Tenggara yang berada di kawasan TNGL terkait masalah tapal batas.
         
Permintaan tersebut disampaikan Maha Putra saat melakukan aksi demo Selasa(28/04/2015) di Gedung DPRK Aceh Tenggara.

“Bila permintaan tersebut tidak direspon oleh Gubenur Aceh Dr. Zaini Abdullah, maka kami akan memisahkan diri dengan Provinsi Aceh dan mengharapkan agar terwujudnya Provinsi Aceh Leuser Antara (ALA),” kata Maha Putra.

Lebih lanjut ia mengatakan permasalah tapal batas yang ada saat ini cukup meresahkan Petani Aceh Tenggara khususnya yang tinggal di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

Sebelumnya diberitakan Sekitar ribuan orang petani di Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) melakukan aksi demo menuntut agar Polisi menangkap pihak Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) karena telah melakukan penebangan lahan petani di kawasan itu.

Sebelumnya pada 28 Desember 2014 lalu, sudah ada perjanjian antara BBTNLG dengan Petani untuk menahan diri dan tidak melakukan penebangan lahan petani di Kawasan TNGL.

“Perjanjian itu dipatuhi oleh petani, tapi pihak BBTNGL tetap melakukan penebangan lahan petani di kawasan TNGL, Balai Besai telah menyalahi perjanjian, maka kami minta Polisi menangkap pengurus BBTNGL,” ujar Yashut Hutapea, koordinator aksi, Selasa (28/4/2015).

Para petani berkumpul di Halaman Stadion H. Sahadat Kutacane dan bergerak menuju Gedung DPRK Aceh Tenggara.

“Kami tidak sepakat jika petani di Aceh Tenggara dikatakan sebagai perambah hutan, justru yang merusak hutan itu adalah oknum yang dibiarkan oleh BBTNGL,” ujar Yashut. [Dinni]

To Top