Pendidikan

Kelulusan Utama Siswa Bukan Dari Hasil UN

ACEHTERKINI.COM | Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Hasanuddin Darjo mengatakan kelulusan utama siswa bukan sepenuhnya dari hasil UN melainkan kewenangan yang ditentukan dari sekolah. 
“Inilah yang berbeda pelaksanaan UN tahun 2015 dengan tahun sebelumnya,” kata Kepala Dinas Pendidikan Aceh dalam konperensi pers pekan lalu.  
Katanya Ujian Nasional bukan lagi menjadi syarat kelulusan utama bagi siswa. “Hasil UN akan digunakan untuk melanjutkan jenjang pendidikan berikutnya dan mengukur kemampuan pelajar,” kata Kepala Dinas Pendidikan Aceh ini.

Terkait dengan soal UN, Hasanuddin Darjo mengatakan distribusian UN berjalan lancar tanpa ada hambatan. “Kisi-kisi soalnya 65 persen diambil dari bahan ajar dan selebihnya dari luar bahan ajar atau penunjang pelajaran,” kata Kepala Dinas Pendidikan Aceh.

Untuk diketahui peserta UN Provinsi Aceh berjumlah 72.879 pelajar SMA sederajat di 980 sekolah. Rinciannya SMA/MA sebanyak 56.872 pelajar di 661 sekolah, peserta dari SMK berjumlah 11.971 pelajar di 160 sekolah, peserta Paket C berjumlah 3.981 orang di 153 sekolah dan SMALB sebanyak 55 pelajar di 6 sekolah. 
Sedangkan sekolah yang melaksanakan ujian dengan komputer diikuti oleh 339 pelajar di tiga sekolah, yaitu di SMKN 1 Singkil Utara sebanyak 81 pelajar, SMKN 1 Meulaboh berjumlah 168 pelajar dan SMA 4 Wirabangsa, Kabupaten Aceh Barat diikuti oleh 90 pelajar. [ate]

To Top