Layanan Publik

Karang Anyar di Kota Langsa, Gampong Terbaik Tahun 2015

Wakil Walikota Langsa, Marzuki Hamid menyerahkan penghargaan kepada Desa Karang Anyar terpilih sebagai desa terbaik tahun 2015 di Kota Langsa. Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Desa, 21 April 2015. [Jamal] 
ACEHTERKINI.COM | Karang Anyar, adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Langsa Baroe, Kota Langsa, Aceh. Desa tersebut kini terpilih menjadi sebagai desa terbaik ditahun 2015.
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kota Langsa, H. Abdullah Gade mengatakan, desa yang dimaksud akan menjadi duta atau peluang untuk mengikuti ajang ditingkat Provinsi Aceh yang mewakilkan kota Langsa.
Dikatakan dia, sementara Desa Matang Seulimeng, Kecamatan Langsa Barat dan Desa Alue Beurawe, Kecamatan Langsa Kota, masing-masing terpilih sebagai juara II dan III desa terbaik tahun 2015.
Setiap desa peraih juara I, II dan III masing-masing mendapatkan hadiah berupa tropi dan uang pembinaan. Penyerahan hadiah tersebut dilakukan langsung oleh Wakil Walikota Langsa Drs. Marzuki Hamid, MM. “Juara I mendapat uang Rp10 Juta. Juara II, Rp7 juta. Sementara juara III, mendapat Rp5 juta,” Abdullah.
Untuk diketahui, penilaian desa terbaik untuk semester I tahun 2015 ini dilakukan oleh  tim penilai yang di bentuk oleh BPM, sesuai dengan bidang masing-masing. Penilaian terutama dilihat desa dalam aspek, pendidikan masyarakat, kesehatan masyarakat, kebersihan lingkungan, pelaksanaan adat, layanan pemerintahan gampong, penegakan syariat islam, serta profil gampong.
Dijelaskan lebih rinci, dari total jumlah desa di Kota Langsa yaitu 66 desa, namun yang dinilai cuma lima desa.Karena, lima desa tersebut merupakan rekomendasi hasil penilaian yang dilakukan oleh pihak kecamatan masing-masing sebelumnya.
Dalam kesempatan itu, Wakil Walikota Langsa, Drs. Marzuki Hamid, MM usai menyerahkan tropi dan hadiah kepada masing-masing Keuchik Gampong juara mengatakan, dirinya memberikan apresiasi tinggi kepada gampong-gampong terpilih atas upaya yang dilakukan selama ini dalam memaksimalkan aspek penilaian.
Menurutnya, dengan adanya penilaian tersebut maka gampong dalam Kota Langsa akan lebih berdaya dalam segala hal. Terutama bagi sumberdaya masyarakatnya, yang akhirnya berimplikasi pada peningkatan sumberdaya gampong itu sendiri.

Orang nomor dua terpercaya dikota Langsa ini memberi apresiasi kepada desa-desa terpilih dalam momen tersebut. Dan, pihaknya juga memberi semangat kepada desa-desa lainnya yang belum terpilih sebagai desa terbaik, untuk terus membenah kedepannya agar terpilih dalam prestasi itu. [Jamal]

To Top