Ekonomi

Jual Elpiji di Atas Rp16.000 akan Ditindak

Jual Elpiji di Atas Rp16.000 akan Ditindak
Gas 3 Kilogram [Ilustrasi]

ACEHTERKINI.COM | Wali Kota Banda Aceh akan menindak pangkalan gas elpiji 3 kilogram yang menjual di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

Surat edaran Nomor 541/0570 tentang pengawasan dan penertiban perindustrian LPG 3 Kg di Wilayah Kota Banda Aceh dan diwajibkan agar pangkalan melengkapi syarat administrasi, perizinan dan kelengkapan yang berlaku.

“Pangkalan hanya boleh menjual LPG 3 Kg kepada sektor rumah tangga tertentu dan usaha mikro. Dalam surat edaran ini juga diatur, pangkalan diwajibkan menjual LPG 3 Kg sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan yaitu sebesar Rp16.000 per tabung.

“Selanjutnya, penjualan hanya diperbolehkan kepada konsumen yang memiliki kartu kendali,” tulis dalam surat edaran tersebut.

Salah-satu anggota Tim Pengendali Inflasi Daerah yang juga Kabag Ekonomi Setdakota Banda Aceh Arie Maula Kafka saat ditemui, Kamis (30/4/2015) diruang kerjanya membenarkan perihal surat edaran tersebut.

Katanya, surat edaran tersebut telah dikeluarkan 22 April lalu dan telah ditandatangani Walikota Banda Aceh.

“Dalam surat edaran ini, diatur pelarangan menjual LPG 3 Kg terhadap pengecer, kios, took dan kedai. Dan yang paling penting adalah dilarang melakukan penimbunan,” ungkap Arie.

Lanjut Arie, bagi yang tidak mematuhi surat edaran tersebut, Pemerintah Kota akan mengambil tindakan sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku.[red]

To Top