Sosial

Jakarta Tunggu Kapan Aceh Ubah Bendera GAM

Jakarta Tunggu Kapan Aceh Ubah Bendera GAM
Bendera Bulan Bintang

ACEHTERKINI.COM | Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengatakan, belum ada usulan dari Pemerintah Aceh terkait perubahan qanun(peraturan daerah) No.3 Tahun 2013 tentang Bendera dan Lambang Aceh.

Oleh karena itu, Tjahjo menghimbau agar usulan perubahan tersebut segera disampaikan ke pusat. Mengingat, keinginan Pemerintah Aceh telah dipenuhi oleh pusat.

“Belum (ada perubahan qanun). (Padahal) itu harus disesuaikan. Daerah belum diubah itu usulan daerah,” kata Tjahjo di kantor Wapres, Jakarta, Kamis (30/4/2015).

Sebelumnya, Menteri Koordinator (Menko) Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam), Tedjo Edhy Purdijatno mengatakan, sudah ada kesepakatan perihal perubahan bendera Aceh.

“Sudah ada (kesepakatan). Sudah melalui Menko Perekonomian soal kesepakatan Helsinki itu yang negosiasi. Kedua belah pihak sudah bisa bertemu,” kata Tedjo.

Menurut Tedjo, pemerintah Aceh telah sepakat untuk mengubah bendera jadi tidak menyerupai bendera Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

“Saya tidak ikut kemarin (negosiasi) tetapi saya dengar kalau mereka mengubah tidak menyerupai (GAM). Mereka sudah berbesar hati mau mengubah,” ujar Tedjo.

Untuk kesepakatan tersebut, kata Tedjo, pemerintah pusat merelakan menyerahkan sebagian kewenangan kepada pemerintah daerah. Tetapi, jelas dia, sebagai imbalannya, Aceh harus mengubah bendera yang sangat identik dengan bendera GAM.

[SP/beritasatu]

To Top