Sosial

Hari Kartini, Perempuan Diperlakukan Sama

Illiza Sa’aduddin Djamal

ACEHTERKINI.COM | Walikota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal mengatakan tanggal 21 April akan diperingati hari kartini.

“Kartini menunjukkan kontribusi yang seimbang baik dari laki-laki maupun perempuan memiliki arti penting bagi kelangsungan kebangsaan dan persatuan dalam pembangunan di negara Indonesia,” ujar Illiza saat menjadi inspektur upacara gabungan, Jum’at (17/4/2015).

“Kartini tidak mengajarkan perempuan untuk diperlakukan lebih atau berbeda, namun Kartini mengharapkan perempuan diperlakukan sama dan mendapatkan kesempatan yang sama sesuai kemampuan dan kapasitasnya,” ujar Illiza.

Sejarah juga telah membuktikan, perempuan memiliki peran yang tidak kalah penting di dalam mewujudkan Indonesia merdeka. “Sebut saja Cut Nyak Dhien, Cut Meutia, Laksamana Keumalahayati, Pocut Baren, dan masih banyak lagi para pejuang perempuan Aceh dan dari daerah lainnya yang membuktikan perempuan dapat berjuang bersama-sama dengan kaum laki-laki,” kata Walikota Banda Aceh.

Illiza menambahkan, laki-laki dan perempuan memang diciptakan berbeda oleh Allah SWT. “Tujuannya adalah agar kita dapat saling melengkapi untuk menutupi kekurangan masing-masing dan bukan untuk saling iri,” sebutnya.

“Pola pikir dan perspektif kita boleh jadi berbeda namun hal itulah yang sesungguhnya menjadi kekuatan bagi kita karena kita dapat melihat segala permasalahan secara luas dari sisi yang berbeda,” demikian Illiza Sa’aduddin Djamal. [ril]

To Top