Layanan Publik

Gubernur: Jangan Gunakan Dana Otsus Belanja Habis Pakai

Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Aceh Tahun 2016 di Gedung DPRA, 9 April 2015
ACEHTERKINI.COM | Dana Otonomi Khusus (Otsus) yang dikucurkan untuk Aceh sejak tahun 2008 sampai 2027 harus mempunyai kemanfaatan jangka panjang.
Hal itu dikatakan Gubernur Aceh, Zaini Abdullah saat membuka Musrenbang Aceh Tahun 2015 di Gedung DPRA, Kamis (9/4/2015). 
Menurut Gubernur Aceh, sumber pendapatan terbesar di Aceh adalah berasal dari dana Otonomi Khusus (Otsus). Dana ini hanya diberikan sampai tahun 2027.
“Penggunaan dana ini harus bersifat produktif dan  bermanfaat jangka panjang. Dana Otsus tidak ditujukan untuk keperluan konsumtif yang hanya memuaskan kebutuhan bahkan keinginan jangka pendek,” ujar Doto Zaini. 

“Saya instruksikan kepada seluruh stakeholders, agar dana ini digunakan sebesar-besarnya sebagai belanja modal yang bertujuan untuk mengakumulasi modal yang dibutuhkan bagi Aceh untuk maju dan sejahtera. Jangan pernah gunakan dana ini untuk belanja habis pakai,” pinta Gubernur Aceh.

Sebelumnya Ketua DPRA, Tgk. Muharuddin juga mengatakan hal yang sama. Dikatakan Muharuddin, dana Otsus Aceh sudah bergulir sejak tahun 2008. Tahun ini Provinsi Aceh mendapat dana Otsus sebesar Rp7 triliun. Setiap tahun dana Otsus ini terus bertambah sampai tahun 2027 dengan total keseluruhan mencapai Rp100 triliun. [ate]

To Top