Sosial

Babussalam Perlu Beronjong untuk Selamatkan Lahan Petani

Sungai Kali Alas di Kecamatan Babussalam, Kabupaten Aceh Tenggara
ACEHTERKINI.COM | Masyarakat Desa Kutarih kecamatan Babussalam dan Desa Bambel, Lawe kihing, Bambel gabungan, terutung seperai, terutung meghare sampai ke Pedesi yang ada di Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara mengharapkan pembagunan beronjong di sepanjang sungai kali alas.
            
Kepala Desa Bambel Gabungan Nawi, SE, didampingi Salah satu Perangkap Desa Kutarih di pingir sungai Kali Alas, selasa (21/4/2015) megatakan pembagunan beronjong dan normanisasi di sepanjang sungai kali alas sangat diperlukan supaya lahan petani tidak kena banjir.
            
Penerima manfaat pembagunan beronjong bukan hanya masyarakat Desa Kutarih dan Desa Bambel Gabungan saja bahkan masih banyak desa penerima manfaat seperti Desa Terutung seperai, Desa Terutung Meghare Desa Biak muli bahkan sampai dengan Desa Pedesi belum memiliki sarana dan prasana tersebut. 
            
Adanya pembagunan beronjong kata Nawi, dapat menciptakan ratusan hektar lahan baru yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang berada di daerah sungai kali alas ini.
“Kami harapkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tenggara melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) agar menindaklanjuti aspirasi masyarakat. Kami mengharapkan pembagunan beronjong titik nol nya dimulai dari Desa Kutarih kecamatan Babussalam,” Jelas Nawi, SE.
Pasalnya seberang kali alas ini telah ada pembagunan beronjong yang dilaksanakan oleh Dinas SDA pada Tahun 2014. Bila tidak dilanjutkan pembagunan beronjong ke Desa Kutarih maka saat air sungai alas besar dipastikan air akan merusak lahan petani yang ada di Desa kutarih bahkan sampai ke Desa Bambel.
            
Menagapi permasalahan tersebut Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Aceh Tenggara Ir. Husin Pelis, megatakan Dinas SDA telah memprogram untuk pembagunan beronjong yang ada di Desa Kutarih sampai dengan Desa Bambel. Pada tahun ini sekitar Bulan Mai atau Juni kita sudah mulai melakukan pembagunan beronjong anggaran dari APBN.
            

“Pembagunan kita lakukan secara bertahap pada tahun 2016 akan kita lanjutkan kembali pembagunan proyek beronjong,” demikian Husin. [Dinni]

To Top