Lingkungan

Ada NGO Diduga Jualbeli Orangutan di Aceh

Ada NGO Diduga Jualbeli Orangutan di Aceh
Orangutan [Ilustrasi]

ACEHTERKINI.COM | Tokoh masyarakat di Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara yang juga sebagai pendamping petani di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Yashut Hutapea mensinyalir adanya transaksi jualbeli Orangutan di Aceh Tenggara oleh sejumlah NGO / LSM.

Hal tersebut disampaikannya saat berorasi di Kantor DPRK Aceh Tenggara menuntut penyelesaian konflik Balai Besar Taman Gunung Leuser (BBTNGL) dengan Petani di Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Selasa (28/4/2015).

Dikatakannya banyak Orangutan yang menjadi Icon Aceh Tenggara di bawa ke Sibolangit, Sumatera Utara. “Kita menduga ada transaksi jualbeli Orangutan di Aceh Tenggara,” terangnya.

Katanya, selama ini ada NGO yang membawa Orangutan Aceh Tenggara ke Sibolangit. “Kami minta Polisi mengusutnya,” pinta Yashut bersama ratusan para petani di kawasan TNGL yang sedang melakukan aksi demo di Kantor DPRK setempat.

“Jangan-jangan keberadaan NGO itu menjadi propaganda,” ujarnya lagi.

“Selama ini masyarakat Aceh Tenggara tidak sadar akan keberadaan NGO tersebut yang membawa binatang Mawas atau Orangutan ke daerah Sibolangit Sumatra Utara,” demikian Yashut Hutapea. [Dinni]

To Top