Sosial

Aceh Minta Swedia Perkuat Kapasitas Pemerintahan

Duta Besar Swedia, Johanna Bismas Skoog foto bersama Pimpinan dan Anggota DPRA, 8 April 2015 [Ist]
ACEHTERKINI.COM | Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh, Tgk. Muharuddin mengatakan peningkatan kapasitas Pemerintahan di Aceh perlu mendapat dukungan dari berbagai Negara di Eropa, khususnya Swedia.

Saat menerima kunjungan kerja Duta Besar Swedia untuk Indonesia, Mrs Johanna Bismas Skoog, Rabu (8/4/2015), Tgk. Muharuddin mengatakan dukungan kapasistas pemerintahan yang dimaksud adalah meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan. 
“Pertukaran pengalaman hingga pembelajaran pengelolaan berbagai wilayah yang telah keluar dari konflik dapat menjadi pendekatan peningkatan kapasitas, khususnya bagi para anggota DPR Aceh dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya,” ujar Muharuddin.
“Peningkatan kapasitas ini juga perlu dilakukan untuk mengimplementasikan berbagai komitmen perdamaian dan turunan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintah Aceh,” kata Ketua DPRA sembari memberikan apresiasi atas bantuan Swedia dalam rangka mewujudkan perdamaian antara Gerakan Aceh Merdeka dengan Republik Indonesia, juga bantuan untuk pemulihan Aceh pasca tsunami 26 Desember 2004.
Perdamaian yang telah berlangsung selama 10 tahun di Aceh telah memberikan kesempatan dan peluang besar dalam penataan dan pembangunan Aceh. 
“Secara khusus DPRA memiliki agenda menuntaskan semua produk turunan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintah Aceh sebagaimana diamanahkan dalam MoU Helsinki demi memastikan perdamaian yang abadi di Aceh,” terang Tgk. Muharuddin bersama wakilnya T. Irwan Djohan dan Dalimi. 

Pihak Duta Besar Swedia untuk Indonesia yang hadir adalah Wakil Direktur Jenderal dan Kepala Departemen Regional Asia dan Pasific Kementerian Luar Negeri Swedia, Mrs Helena Sangeland, Mantan Sekretaris Negara pada Kementerian Luar Negeri di Stockhlom, Mr Bengt Save Soderbergh serta pejabat administratif Departemen Regional Kementerian Luar Negeri Swedia, Johan Hultquist. [ate]

To Top