Pendidikan

23 Sekolah Abdya Unjuk Karya dalam Program USAID Prioritas

23 Sekolah Abdya Unjuk Karya dalam Program USAID Prioritas
Direktur Program USAID Prioritas Nasional, Stuart Weston memberikan sambutan dalam kegiatan unjuk karya praktik yang baik, yang dipusatkan di Kompleks Pendidikan, Padang Meurante, Kecamatan Susoh, Kamis (23/4).

ACEHTERKINI.COM | Sekitar 23 Sekolah mulai dari tingkat sekolah dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan sekolah menengah pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) dalam Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) unjuk karya praktik yang diadakan USAID Prioritas (United State Agency for International Development – Prioritizing Reform Innovation and Opportunities for Reaching Indonesia’s Teachers, Administrators and Students), di Kompleks Pendidikan, Padang Meurante, Kecamatan Susoh, Kamis (23/4/2015).

Kegiatan yang diikuti 15 unit SD/MI dan 8 SMP/MTs tersebut, dibuka langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Abdya, Drs. Ramli Bahar dan turut dihadiri Direktur Program USAID Prioritas Nasional, Stuart Weston, Koordinator USAID Prioritas Sumut, Agus Marwan, Kepala Kemenag Abdya, Drs Arijal, Kadisdik Abdya, Drs Yusnaidi MPd, anggota DPRK Abdya Umar, serta kepala sekolah, komite, guru dan para siswa.

Direktur Program USAID Prioritas Nasional, Stuart Weston mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari komitmen USAID Prioritas untuk membantu Pemkab Abdya guna meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten hingga April 2017 mendatang.

Dijelaskan, USAID Prioritas merupakan sebuah program lima tahun yang didanai USAID, dirancang untuk meningkatkan akses pendidikan dasar yang berkualitas di Indonesia.

USAID Prioritas fokus terhadap pendidikan guru pra-dan dalam jabatan di LPTK melalui program yang menekankan praktik, pembelajaran aktif di SD/MI, SMP/MTs menjadi lebih menarik, relevan dan efektif dengan penekanan kepada membaca, matematika dan sains.

“Kami berharap Pemkab Abdya dapat mendiseminasikan praktik yang baik yang telah dilakukan oleh sekolah mitra USAID Prioritas , sehingga seluruh sekolah dapat melakukan perubahan pendidikan dan pendidikan dasar di kabupaten ini semakin baik kedepannya,” ujar Stuart Weston.

Dikatakannya, lebih dari 4.701 siswa dari tingkat SD/MI dan SMP/MTs menerima manfaat langsung dari layanan pembelajaran bermutu. Memetakan penataan distribusi 730 guru PNS di 114 SD dan 303 guru PNS pada 30 SMP untuk peningkatan pelayanan pendidikan sesuai standar yang telah ditetapkan pemerintah.

Sebagai bentuk dukungan, Sekda Abdya, Drs Ramli Bahar memberikan apresiasi program dan kegiatan yang diterapkan USAID Prioritas di sekolah-sekolah yang ada di Abdya.

“Cukup banyak program yang dijalankan termasuk juga meningkatkan kemampuan kabupaten dan tenaga kependidikan di sekolah dalam bidang manajemen pendidikan, analisis keuangan, pemerataan guru serta tata kelola,” demikian paparnya. [Rizal]

To Top