Sosial

12 Kasus Lakalantas di Abdya. Kapolres: Taatlah Berlalu Lintas

Kapolres Aceh Barat Daya, Budi Samekto 

ACEHTERKINI.COM | Kapolres Aceh Barat Daya (Abdya) AKBP Budi Samekto SIK, menghimbau kepada seluruh warga Abdya untuk taat berlalu lintas. Hal itu disampaikannya, ketika menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam rangka memperingati Hari Kesadaran Nasional (HKN) di Halaman Kantor Bupati setempat, Jum’at (17/4/2015).

Kapolres Budi Samekto mengatakan situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Abdya dalam kurun waktu triwulan pertama di tahun 2015 masih kondusif dibandingkan dengan daerah lainnya. “ini tercapai karena peran serta dari seluruh masyarakat,” ungkapnya.

Kapolres Budi juga menyatakan, kondisi yang kondusif ini masih ada beberapa pekerjaan rumah (PR) yang harus dikerjakan bersama.

“Kejadian laka lantas mulai awal 2015 sampai sekarang sebanyak 12 kasus dengan korban meninggal dunia sebanyak 7 orang, luka berat sebanyak 8 orang dan luka ringan sebayak 11 orang dengan kerugian material mencapai Rp 59.300.000,” paparnya

Dengan kejadian itu, ia berharap agar dalam berlalu lintas tetap menggunakan perlengkapan yang ada. “Peran saudara-saudara sangat dibutuhkan untuk mengontrol serta menyampaikan kepada putra-putri, agar dalam berlalu-lintas selalu menggunakan helm, membawa surat-surat kenderaan, tidak kebut-kebutan serta tetap mematuhi rambu lalu lintas sehingga jauh dan terhindar dari lakalantas,” himbau Kapolres Abdya.

Dibidang Kriminalitas untuk kasus yang menonjol adalah tindak pidana, penganiayaan, pencurian, curanmor, penipuan dan penggelapan.

“Saya mengajak  peran seluruh hadirin dan peserta upacara dalam hal preventif (pencegahan), seperti tidak meletakkan sepeda motor pada tempat yang sepi, juga dalam hal proaktif melaporkan secara cepat kepada pihak kepolisian guna proses dan penanganan kasus secara profesional,” tambahnya

Selain Kapolres, upacara juga dihadiri Sekda Abdya, Drs Ramli Bahar, Ketua DPRK Abdya Zulkifli Isa, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Suhartono, Kajari Blangpidie, Umar Z SH MH, Para Asisten, Kepala SKPK, Tokoh Ulama, Tokoh Masyarakat Abdya, TNI/Polri dan segenap peserta upacara. [Rizal]

To Top