Layanan Publik

Organisasi yang Pakai Uang Negara Wajib Diketahui Publik

ACEHTERKINI.COM | Semua badan publik yang menggunakan uang Negara baik APBN/APBA maupun APBK wajib diketahui oleh publik. Hal tersebut dikatakan Ketua Harian Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) Pemerintah Aceh, Yusran. 
Saat melakukan sosialisasi PPID di Kabupaten Aceh Jaya, Senin (30/3/2015), Yusran menjelaskan adanya Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik memberikan kewajiban kepada Badan Publik untuk membuka akses atas informasi yang berkaitan dengan badan publik tersebut.
“Yang dimaksud dengan badan publik menurut Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 ini adalah baik organisasi pemerintah dan non pemerintah yang seluruh dana menggunakan sumber Anggaran Belanja Pendapatan Negara (APBN), APBA/APBK dan sumbangan masyarakat dan luar negeri wajib diketahui oleh publik,” tukas Yusran dihadapan 45 peserta dari seluruh SKPK di Aceh Jaya. 
Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Aceh Jaya, Tgk. Maulidi mengatakan upaya pemerintah untuk segera membentuk ppid ini  adalah  langkah yang tepat, karena informasi bisa di sebarluaskan atau dirahasiakan dengan baik jika ada tenaga ahli atau pejabat yang memiliki kemampuan dalam hal penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan pelayanan informasi.

“Saya berharap partisipasi aktif dari semua pihak khususnya SKPK dan juga masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik, agar dapat terwujudnya penyelenggaraan daerah yang baik, yaitu transparan, efektif, efisiensi, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan,”pinta Tgk. Maulidi. [Hendra]

To Top